Bayer Young Environmental Envoy 2012

By Astri Soeparyono, Kamis, 13 September 2012 | 16:00 WIB
Bayer Young Environmental Envoy 2012 (Astri Soeparyono)

Banyak banget kegiatan positif yang bisa kita lakukan sebagai anak muda untuk mengubah dunia. Salah satunya kita bisa ikutan gabung jadi peserta program BYEE ini (Bayer Young Environmental Envoy). Program yang bekerja sama dengan UNEP ini memiliki tujuan untuk menciptakan pemimpin-pemimpin muda peduli lingkungan dan mendorong peningkatan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan anak muda.

Untuk yang ke-delapan kalinya BYEE diselenggarakan di Indonesia. Dari banyaknya peserta yang sudah mengirimkan proposal kegiatan pelestarian lingkungan dan bagaimana mengimplementasikannya di lingkungan ke Bayer, dipilih dua belas finalis yang akan mengikuti eco camp sampai terpilih dua pemenang yang nantinya akan dikirim ke Jerman mewakili Indonesia untuk mengunjungi kantor pusat Bayer di Leverkusen, dan disana mereka akan bertemu dengan pemenang BYEE dari 18 negara yang berbeda. Wah, asyik banget ya!

Selasa (11 September 2012) lalu, sudah terpilih dua pemenang BYEE untuk mewakili Indonesia di Jerman. Kedua pemenang tersebut adalah Imam Hidayat (Imam) dan Vincentius Dito Krista Holanda (Dito). Selain itu proyek "Ganesha Holding: One-Stop Eco-Friendly Community Development" milik Dito dinobatkan sebagai "The Best Project" program BYEE 2012.

Industri kreatif

Dalam proyeknya Dito berupaya menciptakan lapangan kerja dalam industri kreatif dengan mendirikan sebuah kegiatan wirausaha sosial yang mendorong pemberdayaan perempuan serta menyediakan jasa konsultasi non-profit untuk masyarakat Desa Ciparay dan Desa Pangalengan, Jawa Barat. Dito membekali keterampilan khusus kepada kaum wanita, agar mereka bisa membuat produk-produk pakaian dari kain perca. Selain menciptakan keuntungan ekonomis bagi masyarakat, proyek ini juga menciptakan nilai bagi lingkungan, melalui penggunaan limbah pakaian yang tidak terpakai.

"Sekali lagi terbukti bahwa kaum muda Indonesia sanggup menjadi pelopor perubahan bagi komunitas mereka. Sebagai bagian dari generasi yang dibesarkan dalam euphoria eco atau green, mereka tidak sekedar mengikuti tren yang ada. Melalui proyek lingkungan di daerahnya masing-masing mereka bertekad untuk memberikan kontribusi yang signifikan, dan Bayer akan terus berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi kaum muda yang aktif menggerakkan kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan." Ujar Thomas-Peter Hausner selaku Presiden Direktur PT Bayer Indonesia.

(ika)