Jadi Walikota di Umur 15?

By Astri Soeparyono, Rabu, 12 September 2012 | 16:00 WIB
Jadi Walikota di Umur 15? (Astri Soeparyono)

Kebayang enggak bagaimana rasanya menjadi walikota di umur 15 tahun? Kita bisa tanya sama Basha'er Othman, nih. Cewek berumur 15 tahun ini mencoba menjadi walikota Allar, Palestina selama dua bulan. Selama dua bulan ini dia mengerjakan kewajiban selayaknya seorang walikota sebenarnya.

Basha'er enggak sendiri. Dia dibantu oleh tim yang juga terdiri dari remaja. Tapi kalau butuh masukan, tentunya ada orang dewasa yang membantu. Basha'er dan tim-nya harus mengambil banyak keputusan penting selama dua bulan. Mulai dari pekerjaan administrasi, mengatur para pegawai negeri, dan membuat anggaran keuangan.

Basha'er jadi cewek pertama yang jadi walikota di Allar. Dia juga mendapatkan kesempatan untuk mewakili kotanya untuk trip ke Qatar. Cewek berkerudung ini seneng banget mendapatkan kesempatan ini. Dan dia mengerjakan pekerjaannya dengan serius.

"Kalau aku bisa berhasil melakukan satu hal saja, aku pengin banget membuat sebuah project yang membuka banyak lapangan pekerjaan untuk para anak muda," aku Basha'er.

Kegiatan ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah Palestina untuk memberikan edukasi pada anak muda tentang pemerintahan dan tanggung jawab. Wah, ide yang menarik, yah?

(astri)