Diabetes: Remaja Juga Bisa Kena

By Astri Soeparyono, Rabu, 29 Agustus 2012 | 16:00 WIB
Diabetes: Remaja Juga Bisa Kena (Astri Soeparyono)

Girls, sekarang penyakit diabetes dan hipertensi juga bisa menjangkiti anak muda, lho. Seiring dengan gaya hidup yang semakin ekstrem menjadi salah satu penyebab diabetes dan hipertensi pada anak muda.

Menurut data dari Riskesdas, diabetes mulai menjangkiti anak muda sejak umur 15 tahun sampai dengan 24 tahun, sedangkan hipertensi dimulai sejak usia 18 tahun. Kebayang enggak sih, girls, kalau dua penyakit itu bisa ada di dalam tubuh kita yang masih muda ini? Waduh!

Oleh karena itu, PT Novartis Indonesia (Novartis) meluncurkan SEHATi pada tanggal 9 Agustus 2012 sebagai sebuah wadah yang mempertemukan multi-stakeholders terkait untuk membahas masalah-masalah kesehatan dan khususnya bahaya penyakit tidak menular guna mewujudkan Indonesia sehat dan mandiri.

Beberapa penyebab diabetes dan hipertensi pada anak muda adalah,

Jarang melakukan aktifitas

Di jaman yang serba modern ini, kita pasti lebih suka duduk berlama-lama di depan layar komputer karena banyak hal seru yang bisa kita temukan. Enggak ada yang salah sih, tapi coba deh kita mulai mengurangi aktifitas tidak bergerak. Kita bisa jalan sore keliling komplek atau naik sepeda selama setengah jam aja.

Pola makan yang banyak bumbu instan

Mulai sekarang sebelum membeli makanan cepat saji kita cek yuk informasi nilai gizi, kadar gula, garam, lemak. Dengan begitu kita jadi tahu untuk mengatur asupan kalori yang pas untuk tubuh.

Gaya hidup yang tidak sehat

Jarang olahraga, merokok, pola makan yang ekstrim bisa juga menjadi pemicu diabetes dan hipertensi pada anak muda. Oleh karena itu, yuk ramai-ramai kita menggalang pola hidup sehat dengan minum banyak air putih dan mengkonsumsi makanan bergizi.

DR, Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes selaku Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI juga mengajak masyarakat untuk menjadi "CERDIK", yaitu: Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok dan polusi udara lainnya, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat, Istirahat cukup, dan Kendalikan stress.

Yuk, girls, mumpung kita masih muda dan sehat jangan malas untuk berolahraga dan melakukan pola hidup sehat dari sekarang.

(ika)