the amazing spiderman: peter si pemberontak

By Astri Soeparyono, Senin, 2 Juli 2012 | 16:00 WIB
the amazing spiderman: peter si pemberontak (Astri Soeparyono)

Spiderman memang sudah dibuat sampai tiga kali, namun versi re-boot atau versi baru ini menjanjikan cerita yang segar dan enggak  ngebosenin.  The amazing spiderman banyak fokus pada pencarian jati diri Peter Parker. Di sini kita bisa lihat gimana Peter jadi anak nerdy,  anti sosial dan pemberontak.  Siap-siap jatuh cinta dengan akting Andrew Garfield yang luar biasa  

Sejak kecil Peter Parker tinggal bersama paman dan bibinya, setelah orang tuanya tiba-tiba pergi. Karena masa kecil yang traumatis ini Peter jadi cowok tertutup, nerdy dan kadang dibully oleh teman-temannya juga. Hanya Gwen Stacy yang berbaik hati menyapa dia di kelas. Ini juga yang membuat Peter makin suka pada Gwen.  Ternyata Gwen pun suka pada Peter, dia mengajak Peter berkunjung ke rumahnya. 

Digigit laba-laba

Suatu hari tanpa sengaja Peter menemukan tas tua milik ayahnya yang berisi berkas-berkas rahasia. Peter kembali tergugah mencari tahu misteri hilangnya orang tuanya. Dia melihat foto ayahnya bersama Dr Curt Connors yang bekerja di Oscorp.  Peter pun menyelinap perusahaan ini dan masuk ke labolatorium rahasia. Karena penasaran tanpa sengaja dia menarik satu jaring laba-laba sintetis dan dia pun digigit laba-laba.

Peter baru sadar pengaruh gigitan itu belakangan. Dia jadi lebih kuat, lebih cepat dan  bisa menangkis serangan musuh dan teman-teman yang membully-nya. Peter pun mulai bereksperimen dengan diri sendiri dan menikmati kekuatan ajaib yang dimilikinya. Gara-gara ini juga Peter jadi lupa pulang sehingga membuat khawatir Paman dan Bibinya.  

Balas dendam 

Sampai pada puncaknya Peter ngabur dari rumah. Pamannya yang mencari-cari Peter malah tewas tertembak. Peristiwa ini Peter merasa bersalah dan bersumpah membalas dendam pada orang yang membunuh Pamannya. Dengan kostum Spider-Man dia menangkap banyak penjahat yang dia duga seperti pembunuh. Ulahnya ini membuat kesal pihak kepolisian di bawah pimpinan Kapten Stacy yang ternyata adalah ayah dari Gwen, cewek yang ditaksirnya. 

Sementara itu Dr Connor yang sedang melakukan eksprimen genetik, melakukan eksperiment pada dirinya sendiri. Efeknya dia bisa berubah jadi kadal raksasa yang membuat kekacauan di kota New York. Hanya Peter yang tahu rahasia Dr Connor ini. Dia berusaha memberi tahu Kapten Stacy tapi enggak ada yang percaya.Dia  malah menuduh kekacauan itu  gara-gara ulah Spider-Man. 

Sutradara: Marc Webber

Pemain: Andrew Garfield (Peter Parker), Emma Stone (Gwen Stacy), Rhys ifans (Dr Curt  Connor), Denis Leary (Kapten Stacy).

(muti)