Hackonten: Adu Cepat dan Kreatif Bikin Aplikasi Mobile

By Astri Soeparyono, Senin, 2 Juli 2012 | 16:00 WIB
Hackonten: Adu Cepat dan Kreatif Bikin Aplikasi Mobile (Astri Soeparyono)

Kalau biasanya meng-hack konten suatu website itu dilarang, maka Hacktonten ini justru sebaliknya. Kompetisi yang di selengarakan oleh Gramedia Majalah bekerjasama dengan Nokia ini justru membuka lebar-lebar jalan buat para peserta kompetisi Hackonten agar bisa menggunakan konten dari sepuluh website milik Gramedia Majalah, dan menjadikannya inspirasi untuk membuat aplikasi di hanphone Nokia.

Yep, Kamis hingga Jumat, 28-29 Juni kemarin, bertempat di Gedung Kompas Gramedia-Gramedia Majalah, Jakarta Barat, 65 tim developer dari enam kota di Indonesia berlomba untuk menciptkan aplikasi mobile terbaik hanya dalam waktu 24 jam.

Di sini seluruh peserta berkompetisi untuk menciptkan aplikasi mobile  dengan menggunakan perangkat Nokia Lumia dan Nokia Asha. Pembuatan aplikasi ini didukung oleh konten-konten berkualitas dari sepuluh digital media milik Gramedia Majalah, termasuk Kawankumagz.com. Para peserta juga sempat dapat tips dari penjelasan dari para Pemimpin Redaksi dan pengelola media digital-nya Gramedia Majalah.

Hadiah Jutaan Rupiah

Setelah berjuang selama 24 jam, akhirnya dipilihlah tiag aplikasi terbaik. Juara 1 adalah tim Blend lewat aplikasi mereka Metro Hai untuk majalah Hai dan mendapat hadiah Rp 20 juta. Lalu juara 2 adalah tim CoeTalk yang membuat aplikasi bernama Ndongeng untuk majalah Nakita dan mendapat hadiah Rp 10 juta. 

Dan yang terakhir, juara 3 diraih sama tim Happy Go Kenny dengan aplikasi mereka yang bernama Intisari dan mendapat hadiah Rp 5 juta. Selain itu aplikasi yang menang juga selanjutnya akan tersedia di Nokia store lho.

Menurut Eddy Suhardi, Digital Media Project Manager, Group of Magazine Kompas Gramedia, pihaknya menyelenggarakan ini agar lebih banyak orang yang tahu kalau Gramedia Majalah enggak cuma dalam bentul print, tapi juga punya konten menarik di media digital dan aplikasi mobile.

"Kami berharap banyak ide segar muncul di sini. Termasuk ada aplikasi yang lebih bisa menambah loyalitas atau hubungan antara pembaca dengan medianya," kata Eddy.

(aisha)