The Janoskians: Kampanye Anti Bullying

By Astri Soeparyono, Jumat, 3 Januari 2014 | 16:00 WIB
The Janoskians: Kampanye Anti Bullying (Astri Soeparyono)

Kamu yang sering berseluncur di YouTube pasti udah akrab dengan nama The Janoskians (Just Another Name Of Silly Kids In Another Nation). Buat yang belum kenal, pasti pengin kenal sama lima cowok Melbourne Australia ini. 

Nama Beau Brooks, dua adik kembarnya Luke dan Jai, James Yammouni dan Daniel Sahyounie mulai dikenal sejak mereka sering mengunggah video konyol di YouTube. Mereka pertama kali membuat video di tahun 2010 dan sekarang merka sudah punya single sendiri, Set This World On Fire.

Jadi korban cyber bullying

Walaupun mereka suka membuat video iseng yang kocak banget, mereka enggak suka tuh sama yang namanya bullying. Makanya mereka gabung sama Bully Free Australia Foundation dan ikut menyuarakan kampanye anti-bullying. 

Janoskians sendiri enggak asing sama bullying. Sejak terkenal mereka punya haters yang suka melakukan cyber bullying terhadap mereka. Tapi mereka tahu banget bagaimana cara mengatasinya.

"Aku pikir itu yang membuat fans makin mencintai kami. Karena ada banyak remaja yang mengalami bullying bahkan sampai ke tahap di mana mereka harus memutuskan apakah akan menyerah atau terus bertahan. Kami bertahan," jelas Beau.

Aku pikir, kami beruntung karena bisa merekam pengalaman kami dengan kamera. Semua pengalaman yang dialami remaja di YouTube. Kami memngajak fans tumbuh bersama, termasuk bagaimana kami mengatasi bullying. Semua bullying yang kami terima adalah melalui social media dan bagaimana kami mengatasi para haters, khususnya secara online," tambahnya. 

Dan mereka pun memberikan tips untuk bagaimana mengatasi cyber bullying ini. 

"We usually say to fans, "Instead of replying to our hater, we're gonna reply to 10 fans instead," tutup Beau.

(astri, foto: au.timeout.com)