Pocari Sweat: Ajak Bersihkan Pantai!

By Astri Soeparyono, Senin, 14 Mei 2012 | 16:00 WIB
Pocari Sweat: Ajak Bersihkan Pantai! (Astri Soeparyono)

Pantai Citepus Sukabumi menjadi lokasi kedua dari rangkaian kegiatan Gerakan Bersih Pantai yang digalang oleh Pocari Sweat "Satu Hati Peduli Lingkungan." Kegiatan ini melibatkan warga Sukabumi dengan melibatkan 750 peserta yang terdiri dari lima sekolah (SMA Pelayaran Pelabuhan Ratu, SMK Al-Fajar, SMA Mutiara Terpadu, SMAN 1 Pelabuhan Ratu, dan MAN 1 Pelabuhan ratu), tiga komunitas peduli lingkungan ( Komunitas Lingkar Hijau, Balawista, dan Kelompok Penggerak Pariwisata Pelabuhan Ratu) dan satu kelompok warga setempat (TP3TP).

Pada acara ini, peserta diajak untuk menyisir pantai dan mengumpulkan sampah yang ada di sekitar Pantai Citepus. Selain itu, ada juga perlombaan Trash Hour Hunt yang diikuti seluruh peserta. Dalam perlombaan ini, mereka akan beradu kreatifitas membuat barang-barang dari sampah yang ada di Pantai Citepus. 

Gerakan Bersih Pantai ini merupakan program Corporate Social Responsibility atau CSR dari PT Amerta Indah Otsuka sebagai produsen Pocari Sweat di Indonesia. Mereka ingin mengedukasi masyarakat agar lebih mencintai lingkungan, salah satu caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Menurut Prayugo Gunawan, selaku Managing Director PT Amerta Indah Otsuka, Pocari Sweat memilih untuk membersihkan pantai karena objek wisata yang satu ini rentan dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. "Indonesia itu terkenal dengan sebutan negara maritim, banyak ribuan pulau tersebar di Indonesia. Dan kebanyakan orang memilih pantai sebagai tujuan wisata. Sebuah pantai yang bagus dan bersih tentunya akan meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat sekitar. Tapi, banyak mereka yang membuang sampah sembarangan di pantai. Maka dari itu kita memilih untuk membersihkan pantai," katanya (13/5).

Ada beberapa kriteria pantai yang dipilih oleh Pocari Sweat, yaitu pantai yang kotor, belum ada instalasi pembuangan sampah di sekitar pantai dan yang terpenting ada warga setempat yang ingin bekerja sama. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat khususnya generasi muda bisa lebih peduli lagi dengan lingkungan dan aktif menjaga kebersihan pantai.

(tia)