Konser Musik Sang Legenda, Konser Chrisye 2012: Kidung Abadi

By Astri Soeparyono, Selasa, 10 April 2012 | 16:00 WIB
Konser Musik Sang Legenda, Konser Chrisye 2012: Kidung Abadi (Astri Soeparyono)

Dua puluh album, puluhan hits, dan karir musik selama empat dekade. Enggak heran, Chrisye menjadi legenda musik. Kini, lima tahun setelah kepergiannya, Chrisye melantunkan kidung baru, Kidung Abadi.

 

Kala Cinta Menggoda membuat penonton yang memadati Jakarta Convention Centre berdiri dan ikut menyanyi dengan antusias. Ini jadi bukti kalau konser tanpa kehadiran langsung musisi utamanya tetap bisa berlangsung meriah. Lewat video berlayar besar dan live orchestra, penonton serasa melihat Chrisye menyanyi live di depan mata.

Untuk menjawab kerinduan fans pada Chrisye, kolaborasi Erwin Gutawa dan Jay Subiakto juga menyiapkan kejutan. Hologram sosok Chrisye ditampilkan di atas panggung dan berduet dengan Sophia Latjuba. Enggak hanya itu, lagu baru berjudul Kidung Abadi yang diciptakan Erwin dan liriknya ditulis Gita Gutawa juga dinyanyikan langsung oleh Chrisye.

Yap, dengan cara memotong dan menggabungkan suara Chrisye dari ribuan rekaman asli suaranya, Kidung Abadi tercipta. Ketika ditampilkan di atas panggung, lagu ini diiringi oleh digital imaging dalam video. Seakan-akan, Chrisye sendiri yang menyanyikan lagu merdu ini.

Selain Sophia Latjuba, musisi lain seperti GIGI, Vina Panduwinata, Once, sampai Gita Gutawa juta tampil di atas pentas membawakan lagu-lagu Chrisye. Para musisi ini juga punya pengalaman tak terlupakan bersama sang legenda.

"Om Chrisye adalah salah satu orang yang mempengaruhi aku untuk bermusik. Saya pertama kali menyanyi di depan umum juga di konser Om Chrisye. Ketika itu dia menghampiri saya di bangku penonton dan meminta saya menyanyi," cerita Gita Gutawa di atas panggung.

Suasana melankolis memang menyelimuti konser yang dipromotori oleh Live Action ini. Penonton juga enggak berhenti ikut menyanyikan lagu-lagu Chrisye. Dan menyimak dengan khidmat Kidung Abadi. Konser ini menyakinkan pecinta musik dan musisi kalau karya Chrisye akan abadi dan enggak lekang dimakan jaman.