The Raid: Siap Menyergap Pecinta Film

By Astri Soeparyono, Senin, 19 Maret 2012 | 16:00 WIB
The Raid: Siap Menyergap Pecinta Film (Astri Soeparyono)

The Raid baru akan tayang di berbagai bioskop di Indonesia pada 23 Maret 2012 mendatang. Tapi namanya sudah sangat terkenal di kalangan pecinta film tanah air karena film ini sudah menerima pengakuan dari berbagai penghargaan film Internasional.

The Raid meraih penghargaan Cadillacs People's Choice Award di Toronto International Film Festival 2011 dan The Best Film & Audience Award di Jameson Dublin International Film Festival 2011. Film ini juga diputar di Festival Film Sundance 2012 dan menjadi salah satu film yang disukai panitia Sundance. Malah, setelah diputar di SXSW Film Festival di Austin Texas, The Raid tercatat dalam daftar 50 Film Action terbaik Sepanjang Masa versi imdb.com.

Perusahaan film asal Amerika Screen Gems, juga tertarik untuk membuat kembali alias remake film ini. Enggak hanya itu, The Raid versi komik juga sudah selesai dibuat bekerja sama dengan Mizan.

The Raid sendiri menceritakan tentang sekelompok polisi pasukan khusus yang melakukan penyergapan ke dalam sebuah gedung. Di dalam gedung itu berisi para penjahat dan pengguna narkoba. Penyergapan ini bermaksud menangkap pemimpin mereka dan memenjarakannya. Tapi rencana mereka tidak berjalan mulus. Penyergapan mereka pun berubah jadi misi penyelamatan diri.

Film yang dibintangi oleh Iko Uwais, Donny Alamsyah, Yayan Ruhiyan, Joe Taslim, dan Ray Sahetapi ini sarat dengan aksi bela diri, kekerasan, dan ledakan. Sangat khas film action. Gareth Evans sang sutradara memang ingin membuat film action yang menghibur orang banyak.

Pecinta film aksi pasti bakalan menikmati. Kamu yang enggak terlalu tahan sama adegan pukul-pukulan dan darah mungkin akan sedikit harus menutup mata untuk beberapa adegan. Tapi over all, ada alasan mengapa film ini mendapatkan banyak penghargaan di luar negeri. Sebagai film aksi, The Raid bisa disandingkan dengan film aksi Hollywood yang sering kita tonton selama ini, berkualitas dan dibuat dengan baik.

The Raid diputar serentak di Indonesia, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat pada 23 Maret 2012 nanti.

astri