Lee Donghae: The Adorable Dongsaeng

By Astri Soeparyono, Kamis, 24 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Lee Donghae: The Adorable Dongsaeng (Astri Soeparyono)

Bukan leader dan bukan juga magnae, tapi Donghae jadi salah satu dongsaeng terbaik.

Di mata sang leader, Leeteuk, Donghae dianggap sebagai dongsaeng (adik) yang baik. "Donghae itu dongsaeng yang patuh, dia role model terbaik," puji Leeteuk kala itu. Cowok yang sering dijuluki fish ini mengakui kalau salah satu kelebihannya adalah kepeduliannya pada teman-temannya.

"Aku sangat sayang sama teman-temanku. Enggak peduli apa yang mereka mau, aku berikan sama mereka. Aku memberikan segalanya untuk Super Junior," ucapnya.

Donghae itu cowok yang sangat peduli pada temannya. Heechul adalah satu satu yang pernah terharu atas kepeduliannya. Heechul yang ketika itu sedang menjalani masa wajib militer pernah dikirimi surat oleh Donghae.

"Aku baru tinggal satu bulan di kamp pelatihan militer, makanya aku belum kangen banget sama keluargaku. Tapi begitu aku menerima surat dari dia aku nangis. Aku sempat kesal ngeliat tulisannya yang berantakan dan jelek itu. Dia juga enggak memasukkan surat ke dalam amplop aku menerimanya dalam bentuk gulungan. Dia juga menggunakan kertas bekas, bekas skrip Sukira (acara radio-nya Super Junior). Orang pasti beranggapan dia enggak berusaha tapi aku ngerti banget dia makanya aku jadi terharu," cerita Heechul yang selalu mengikuti apa yang Donghae bilang.

"Sifatku memang begitu, aku selalu mengatakan apa yang aku pikirkan dan mengatakan apa yang aku rasa salah," jelas Donghae yang selalu ngomong apa adanya sama teman-temannya.

Walau dekat dengan semua anggota yang lain tapi Donghae paling dekat dengan Eunhyuk. Mereka sudah berteman sejak masa training. Saking dekatnya mereka berdua, fans pun menyebut keduanya sebagai Eunhae. Dan fans selalu menikmati kedekatan serta kejahilan mereka berdua kalau sedang ada di atas panggung.

"Kami udah saling kenal mungkin sejak umur 12 atau 13 tahun. Kami janjian untuk saling berbagi rahasia. Aku cerita semua rahasiaku, tapi Eunhyuk enggak pernah cerita rahasianya. Ini yang bikin aku sedih. Kadang kalau kami lagi berantem, aku bilang ' ku udah cerita semuanya tapi kenapa kamu engagk pernah cerita' Eunhyuk terus bilang  ok, aku pikir dulu ya' tapi akhirnya dia enggak pernah cerita apa pun,'"ucap Donghae sambil ketawa.