Song Joongki: Dari Ice Skating Jadi Aktor

By Astri Soeparyono, Sabtu, 4 Mei 2013 | 16:00 WIB
Song Joongki: Dari Ice Skating Jadi Aktor (Astri Soeparyono)

Untuk bisa sukses memang perlu banyak pengorbanan. Song Joongki boleh jadi salah satu contoh yang orang mau memulai dari bawah dan rela bekerja keras. Cowok ini semasa SMA lebih dikenal sebagai pemain ice skating untuk jarak pendek. Joongki mewakili kotanya, Daejoen untuk pertandingan nasional. Sayang karena cedera dia enggak bisa lagi bertanding.

Setelah gagal jadi atlet, cowok kelahiran Daejeon, 19 September 1985 ini serius kuliah di jurusan bisnis. Dan di saat bersamaan dia mulai jatuh cinta pada akting. Akhirnya Joongki memutuskan serius di dunia akting. Awalnya keluarganya enggak menyetujui.  

 

Segala peran kecil pernah dia coba. Dia pernah jadi bintang tamu berbagai variety show, jadi MC di acara pencarian bakat yang akhirnya berhenti karena ratingnya rendah, bahkan dikontrak hanya empat episode di drama Deep Rooted Tree (2011 .  Joongki juga mencoba peruntungan di film A Frozen Flower (2008). Kesuksesan didapat Joongki ketika dia berperan di film A Werewolf Boy (2012) yang masuk box office dan membawanya hingga ke festival film Toronto 2012.

Di film A Werewolf Boy ini Joongki berperan sebagai cowok setengah manusia, setengah werewolf. Untuk peran ini dia menonton banyak dokumenter soal kehidupan satwa dan mengamati tingkah laku anjing-anjing terlantar di jalanan. Joongki menerima banyak pujian atas perannya sebagai Chulsoo karena nyaris sepanjang film dia enggak ngomong, hanya mengeluarkan suara seperti binatang. 

Setelah A Werewolf Boy, sebuah polling di Korea menunjukan Joongki ada di urutan pertama sebagai bintang yang akan dipilih jadi bintang iklan di tahun 2013. Tawaran berakting pun mengalir terus. Tapi dia enggak mau asal memilih peran. "Buat aku yang paling penting karakternya dan dengan aktor siapa aku bermain. Oh iya, dukungan dari fans juga penting."  

(muti, foto: korier.co)