Ed Sheeran's Music in Numbers

By Astri Soeparyono, Minggu, 24 Februari 2013 | 16:00 WIB
Ed Sheeran's Music in Numbers (Astri Soeparyono)

Penyanyi kelahiran 17 Februari 1991 ini sengaja pindah dari kampung halamannya ke London untuk mendukung karirnya, pada tahun 2008. Karirnya terus menanjak semenjak dia merilis album + (Plus), pada tahun 2011. Dari manggung di pertunjukan musik kecil sampai tur Amerika dengan kapasitas venue 6000-9000 orang sudah Ed lalui. Kira-kira berapa banyak angka yang kita butuhkan kalau mau merangkum karir musik Ed lewat angka, ya?

 

Sampai tahun 2012, Ed sudah menerima enam penghargaan musik. Penghargaan-penghargaan tersebut ia dapatkan dari BRIT Awards, BT Digital Music Awards, Ivor Novello Awards, dan Q Awards. Keenam penghargaan tersebut termasuk dalam enam belas nominasi yang Ed dapatkan.

 

Pada tahun 2009, Ed telah bermain di 312 pertunjukan musik. Ed mengaku, ia sempat membaca wawancara James Morrison, dan menemukan fakta James bermain di 200 pertunjukan musik setiap tahunnya. Ed merasa dirinya mampu mengalahkan apa yang dilakukan James Morrison. He did it!

 

Pada tahun 2005, Ed memulai karir musiknya lewat EP The Orange Room. EP ini Ed rilis lewat jalur independen. Setahun kemudian Ed mengeluarkan album pertamanya.