Lady Gaga: The Techie Geek

By Astri Soeparyono, Senin, 7 Mei 2012 | 16:00 WIB
Lady Gaga: The Techie Geek (Astri Soeparyono)

pop icongadget

Kacamata dan Lady Gaga seperti enggak bisa dipisahkan. Hampir di setiap penampilannya seperti di red carpet, video klip, maupun di atas panggung, kacamata setia menemaninya. Enggak heran kalau setelah setahun bergabung dengan Polaroid Corporation (perusahaan di bidang elektronik dan eyewear asal Amrik) sebagai Creative Director, Gaga meluncurkan kacamata berkamera, yaitu kacamata yang bisa memotret sekaligus merekam video. Bersama Polaroid, ia meluncurkan kacamata Polarex GL20 ini di Las Vegas, awal tahun 2011 lalu. 

"Ini adalah kacamata pertama yang bisa melindungi mata dari sinar matahari sekaligus memotret. Kalian bisa memakainya sambil jalan-jalan, ke club, atau datang ke konserku, lalu memotret aksiku di atas panggung. Sebenarnya ini teknologi yang sudah aku bayangkan bertahun-tahun yang lalu. And now, we're bridging fashion and technology," katanya.

Dalam urusan musik, Gaga juga enggak mau menyia-nyiakan kemajuan teknologi. Saat merilis single Born This Way bulan Februari tahun lalu, Gaga menggunakan fitur Facebook Event. Lewat Facebook, ia mengundang para anggota fanpage-nya untuk menyaksikan video klip single-nya di Vevo, situs khusus music video, untuk pertama kalinya. Tentu saja itu berhasil bikin single-nya jadi ngehits banget! 

Social media emang berhasil dikuasai Gaga. Menurut Famecount, situs independen yang mengumpulkan tingkat ketenaran seleb di social media, Gaga menduduki posisi teratas seleb yang paling berpengaruh di jejaring sosial. Sampai pertengahan April lalu, Gaga memiliki 22.968.246 followers di Twitter, dan ada 49.999.947 orang yang meng-klik tombol like di fanpage Facebook-nya.

Little monster, sebutan fans Gaga, makin girang saat Gaga meluncurkan social network pribadinya yang beralamat di littlemonster.com awal Februari lalu. Situs yang masih dalam tahap beta (tahap percobaan yang sedang disempurnakan) ini menjadi tempat ngumpulnya para fans Gaga untuk berbagi informasi semua tentang Gaga dan interaksi. Coool! 

Keeksisan Gaga di bidang teknologi terbukti dengan merilis penemuan baru dan jadi ratu di jejaring sosial. Selain itu? Gaga dan Zynga (social network game) juga merilis GagaVille, permainan semacam FarmVille bulan Mei 2011. Maret tahun lalu, Google membuat acara wawancara dengan Gaga bernama Google Goes Gaga, ia juga sempat jadi bintang iklan Google Chrome. Bahkan tahun lalu ia pernah mendapatkan penghargaan The Most Innovative Artist dan Must Follow Artist on Twitter dari MTV O Music Awards. 

Apa sih rahasia dari semua kesuksesan kamu ini? "I'm very ambitious and competitive, based on so many years of rejection, so many years of being told no. Aku menyadari kalau pengalaman buruk yang pernah aku alami berubah jadi sesuatu yang positif. Setiap mengalami hal buruk, aku selalu berkata dalam hati: i can do this, i can be greater," ucap Gaga.