AKB 48: Multi Idol Girl Band

By Astri Soeparyono, Senin, 30 Januari 2012 | 16:00 WIB
AKB 48: Multi Idol Girl Band (Astri Soeparyono)

Leader girl band asal Jepang ini bahkan bingung kalau ditanya berapa jumlah pasti anggota AKB48. Yang pasti, girl band asal Akihabara ini selalu tampil maksimal dan kompak walaupun jumlah mereka sangat banyak.

Dengan konsep "idola yang bisa ditemui setiap saat" girl band ini dibentuk. AKB adalah singkatan dari Akihabara sebuah wilayah di Tokyo, Jepang. Di sana, girl band ini memiliki theatre tempat pertunjukan di mana mereka tampil setiap harinya secara bergantian. Inilah yang dimaksud "idola yang bisa ditemui setiap saat" oleh sang founder Yasushi Akimoto.

AKB48 sendiri terbagi menjadi tiga tim (tim A, tim K, dan tim B) dan masing-maing tim beranggotakan 16 orang. Jadi ketiga tim utama berjumlah 48 orang. Sementara itu, ada juga tim 4, tim khusus lainnya, dan ada juga member junior alias trainee. Kalau dijumlahkan bisa jadi mencapai angka ratusan anggota.

Dari ratusan anggota cewek berusia sekitar dua puluh tahun ini, Minami Takahashi terpilih sebagai leader alias pemimpin. Dia juga tercatat sebagai captain team A. Minami bilang, untuk bergabung dengan AKB48 tidaklah mudah. Seperti anggota lainnya, Minami bergabung dengan AKB48 lewat sebuah audisi.

Menurut Minami, selain harus memiliki kemampuan menyanyi dan menari, seorang anggota AKB48 harus punya kepribadian yang baik dan menarik, juga keinginan yang kuat karena pekerjaan mereka amatlah berat. Mengingat jumlah mereka memang banyak dan harus tampil dengan kompak.

"Untuk penampilan harian (di theatre) kami harus sampai sekitar satu jam sebelum dimulai dan mulai pemanasan, lalu gladi resik beberapa lagu. Kalau untuk konser besar, semua member harus berkumpul bersama untuk berlatih selama beberapa minggu. Dan mempersiapkan konsep panggung bisa memakan waktu dua sampai tiga minggu," kata leader yang akrab disapa Takamina ini.

Tapi Minami dan kawan-kawan sangat bersyukur bisa bergabung dengan girl band yang sangat terkenal di Jepang ini. "Kalau tidak menjadi anggota AKB48 aku mungkin hanya menjadi siswa sekolah biasa, mungkin sibuk bekerja part time," aku salah satu anggota Atsuko "Acchan" Maeda.

Selain AKB48, Yasushi Akimoto juga membentuk girl band serupa di daerah lain. Seperti SKE48 yang berasal dari Sakae (Nagoya), SDN48 atau Saturday Night 48 untuk fans yang lebih dewasa, NMB48 dari Namba (Osaka), dan paling baru dibentuk adalah JKT48 dari Jakarta Indonesia. Wah, jadi penasaran bagaimana penampilan girl band berjumlah banyak ini ketika perform!

 

astri