mike posner: keyboard murah dan kuliah

By , Kamis, 15 Desember 2011 | 16:00 WIB
mike posner: keyboard murah dan kuliah (cewekbanget)

Dari umur lima tahun Mike udah jatuh cinta sama musik. Makin dewasa musisi asal Amrik ini makin semangat pengin berkarya di dunia musik. "Saat aku berumur 13 tahun, aku memaksa ibuku untuk membelikan aku keyboard murah di Best Buy," kenang Mike. Hubungan akrabnya dengan musik berlanjut terus sampai Mike jadi mahasiswa Duke University in Durham, North Calorina. Bersama dengan beberapa produser dan DJ asal Amrik, Mike merilis dua mixtape (kumpulan beberapa lagu yang biasanya digunakan sebagai demo) di tahun 2009. Berkarya di dunia musik sambil kuliah pun membuat cowok bermata biru ini jadi dilema, apalagi setelah ia bergabung dengan label Sony Music.

"Aku hampir aja berhenti kuliah dan memilih untuk menjadi rock star. Tapi, ibuku enggak menyetujui pilihanku itu. Akhirnya aku melanjutkan kuliahku tapi tetap berkarya di dunia musik. It was incredibly difficult. Aku membuat lagu Cooler Than Me di kamar asramaku saat aku di tahun keduaku jadi mahasiswa. Jadi, aku kuliah dari hari Senin sampai Kamis, merekam lagu-lagu baru setiap malam setelah kelar kuliah, dan saat weekend aku tampil di berbagai kota di Amrik," cerita Mike.

Walaupun sibuk tampil di berbagai panggung, seperti jadi pembuka konser 50 Cent dan Akon di 35 kota selagi menyelesaikan semester akhir, Mike lulus kuliah dengan nilai 3.59 GPA (Grade Point Average). Cowok Aquarius ini pun berhasil menjadi sarjana Sociology and Business dan merilis debut album pertamanya berjudul di bulan Agustus 2010.

Kamu kan berhasil nyelesain kuliah dengan baik, ada pengaruhnya enggak sih ke karir kamu di dunia musik? "Sekarang aku jadi lebih produktif, jadi lebih jago membuat nada, bernyanyi, dan menulis lirik. Sejak album pertamaku rilis sampai sekarang ada sekitar 60 sampai 70 lagu yang udah aku buat. Dan, sampai saat ini yang bikin aku bangga sama album pertamaku adalah enggak ada satu pun lagu-lagu di album itu yang mirip dengan lagu mirip musisi lain," cerita Mike.

Enggak heran kalau Mike sibuk bikin lagu baru, soalnya ia lagi mempersiapkan album baru yang rencananya akan dirilis di awal tahun 2012. Mike emang belum au cerita banyak soal album barunya, tapi ia meyakinkan kalau album keduanya nanti bakal jauh lebih keren dari album sebelumnya karena skill-nya dalam menciptakan lagu udah meningkat banget. Kerennya lagi, Mike mengaku kalau ia enggak punya influence saat menciptakan lagu. Kehidupan sehari-harinya-lah yang menginspirasi ia saat membuat lagu. "There are many people I love listening to but I try not to steal from other people," ucap Mike.

Sambil menunggu album kedua Mike dirilis, kita bisa menghibur diri dengan mixtape terbarunya yang dirilis akhir November lalu bersama Big Sean, Slim Thug, RusKo, dan beberapa musisi lainnya. "Aku emang punya banyak banget lagu baru yang udah enggak sabar pengin didengarkan semua orang. Semoga enggak ada yang mencuri laptop aku, ya. Ha ha ha," canda Mike.