7 Perbedaan Android Dulu dan Sekarang

By Astri Soeparyono, Kamis, 28 Januari 2016 | 17:00 WIB
7 Perbedaan Android Dulu dan Sekarang (Astri Soeparyono)

Apa sih perbedaan Android dulu dan sekarang? Saat pertama muncul dulu, Android dianggap jiplakan inferior dari iOS. Tapi sekarang Android sudah berubah menjadi jauh lebih matang. Sebagaimana dirangkum Nextren dari Yahoo Tech, Senin (25/1/2016), ada 7 perbedaan antara Android yang dulu dan sekarang.

(foto: securitywatch.pcmag.com)

(Baca juga: 5 Aplikasi Yang Wajib Dihapus dari Android)

Memang, nggak ada iTunes di Android. Tapi pengguna bisa memakai yang sebenarnya punya konsep mirip dan bisa berperan sebagai substitusi.

Dari awal yang sederhana, perangkat-perangkat Android kini telah merajai industri gadget mobile. Sebanyak 83 persen pengguna smartphone di dunia memakai sistem operasi Android. Jumlah perangkatnya yang beredar pun mencapai miliaran unit.

(Baca juga: 5 Game Android Paling Aneh)

Sudah enggak terhitung banyaknya aplikasi Android yang beredar di toko resmi maupun pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi populer yang dulu hanya tersedia di iOS pun sudah bermigrasi ke Android. Kalaupun ada aplikasi eksklusif iOS, biasanya tak butuh waktu lama sebelum versi Android-nya muncul.

Tentu saja ada saatnya Apple "mengalahkan" dalam arti lebih dulu dari Android. Tapi enggak jarang terjadi hal sebaliknya. Seperti dalam hal multi tasking, drop down menu, widgets dan panel notifikasi yang duluan hadir di Android.