Ciri-ciri Orang yang Suka Berpikiran Negatif

By , Senin, 13 Oktober 2014 | 16:00 WIB
Ciri-ciri Orang yang Suka Berpikiran Negatif (cewekbanget)

Bagai parasit pada tanaman, pikiran negatif bisa menghancurkan hidup seseorang secara perlahan-lahan. Selain membuat hari-hari tampak kelabu, penelitian juga membuktikan bahwa kebiasaan memendam pikiran negatif bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita. Mau tahu apakah diri kita termasuk ke dalam golongan paranegative thinker? Berikut beberapa ciri-ciri orang yang suka berpikiran negatif yang disebutkan oleh para ilmuwan dari Mayoclinic: 

(Baca juga: Negative Thinking Berpengaruh Pada Kesehatan)

Ini adalah kebiasaan membesar-besarkan sisi negatif dari suatu kejadian dan melupakan sisi positif yang dialami. Contohnya, ketika mengenang momen mudik lalu, kita hanya memfokuskan diri pada kemacetan luar biasa yang dialami di perjalanan dan kelupaan mengingat indahnya silaturahmi, reuni dengan keluarga besar, serta acara jalan-jalan dan petualangan kuliner di kampung halaman.

 

Ketika terjadi peristiwa buruk, secara otomatis kita akan menyalahkan diri sendiri meskipun hal tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan diri kita. Misalnya, saat kekasih minta putus, daripada melihat kalau ada ketidaksesuaian karakter, kita malah menyalahkan diri sendiri karena kurang dan, enggak punya waktu untuk hangout dengan teman-temannya, dan lain-lain.

Ciri-ciri Orang yang Suka Berpikiran Negatif

Kalau mengalami kejadian buruk, kita terbiasa menyikapinya secara "lebay" dan sibuk mengantisipasi bencana yang akan datang selanjutnya. Contoh, ketika pelayan restoran membawakan menu sarapan yang tidak sesuai pesanan, kita bisa marah-marah tidak karuan dan percaya bahwa itu adalah pertanda bahwa kejadian buruk lainnya akan muncul pada hari itu.

Kita terbiasa melihat berbagai hal secara ekstrim alias hitam-putih. Jika tidak bisa tampil sempurna dalam melakukan sesuatu, maka kita menganggap diri sendiri telah gagal total. Hal yang sama juga berlaku ketika kitaa menilai orang-orang di lingkungan sekitar.

(Baca juga: Fakta Ilmiah yang Membuktikan Kita Bisa Merasa Bahagia dengan Cara Sederhana)

(nayu/turi/chicmagz.com, foto: tumblr.com)