Belajar Mengutamakan Pendidikan Seperti Dr. Wahidin Sudirohusodo

By , Minggu, 28 September 2014 | 16:00 WIB
Belajar Mengutamakan Pendidikan Seperti Dr. Wahidin Sudirohusodo (cewekbanget)

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari sifat para pahlawan Indonesia. Tentunya, sifat ini bisa kita aplikasikan di masa sekarang. Misalnya belajar mengutamakan pendidikan seperti Dr. Wahidin Sudirohusodo.

(Baca juga: Hal yang Harus Kita Lakukan Saat Malas Masuk Sekolah)

Penggagas organisasi pemuda Budi Utomo ini percaya kalau pendidikan adalah hal penting yang bisa membawa sebuah negara jadi lebih maju. Itulah yang mendorong beliau menggagas berdirinya organisasi Budi Utomo ini.

Belajar Mengutamakan Pendidikan Seperti Dr. Wahidin Sudirohusodo

Beliau juga percaya bahwa jika semua pemuda bekerja sama, maka kemerdekaan Indonesia akan segera tercapai. Salah satu perkataan beliau yang paling terkenal adalah, "Apabila bangsa kita meludah bersama-sama, akan menenggelamkan semua penjajah Belanda di negeri kita."

(Baca juga: Belajar Jujur Seperti Mohammad Hatta)

Kita juga bisa kok memajukan pendidikan meski masih berstatus sebagai pelajar. Misalnya, mengajar matematika atau Bahasa Inggris untuk anak SD di kompleks rumah. Selain itu, kita juga bisa menjadi volunteer dengan mengajar anak jalanan atau jadi guru tamu di rumah singgah dan panti asuhan.

Dengan begitu, ilmu yang didapat selama di sekolah akan jadi lebih bermanfaat, kan? Enggak hanya di bidang akademis, kita juga bisa berbagi di bidang non akademis. Seperti menjadi guru tari atau vokal. Biar lebih seru, kita bisa membentuk kelompok volunteer bareng teman-teman dan sama-sama mengajar, deh.

Belajar Mengutamakan Pendidikan Seperti Dr. Wahidin Sudirohusodo

Yang paling penting adalah memutuskan di mana kelebihan kita dan membagi hal tersebut kepada orang lain. Secara enggak langsung, kita turut memajukan pendidikan di negara ini, lho. Hebat, kan?

(Baca juga: Belajar Rajin Membaca Buku Seperti Ir.Soekarno)

(iif, foto: tumblr.com)