5 Resep Bahagia Yang Sederhana

By , Selasa, 23 September 2014 | 16:00 WIB
5 Resep Bahagia Yang Sederhana (cewekbanget)

Semua orang pasti ingin bahagia. Ada beberapa hal sederhana dan mudah yang bisa kita lakukan untuk membuat diri lebih bahagia. Coba deh, praktekan hal-hal kecil ini dalam kehidupan sehari-hari agar kita lebih bahagia.

Pasti kita udah sering mendengar ucapan ortu agar selalu bersyukur. Nasehat ini benar banget dan enggak akan pernah basi. Dengan bersyukur tiap hari atas hal-hal kecil yang ada di sekeliling akan membuat hidup lebih bahagia. Kita bisa bersyukur atas nasi goreng yang nikmat, teman sebangku yang baik hati, Pak satpam yang mengijinkan kita gerbang sekolah, walau kita sudah telat lima menit dan banyak lagi. Yang perlu kita lakukan adalah melihat sekeliling dan menemukan hal kecil yang bisa kita syukuri dari situ.

Wajar banget manusia bikin salah. Tapi kadang, kita terlalu berkutat pada kesalahan yang dibuat dan terus dipikirkan terlalu dalam. Yang lebih parah lagi, kita enggak mau memaafkan diri sendiri dan selalu menyalahkan diri sendiri. Kebiasaan seperti ini membuat kita jadi murung dan sulit move on.  Orang yang bahagia, mau mengakui kalau dia berbuat kesalahan dan menerima dengan lapang hati. Saat berbuat salah kita bisa bilang pada diri sendiri, 'Oke aku memang salah hari ini. Tapi aku memperbaiki dan enggak mengulanginya lagi.'

Ini nih salah satu hal yang sulit dilakukan. Untuk bisa bahagia adalah kalanya kita harus berani bilang enggak. Kalau kita terlalu sering bilang iya pada apa pun bisa membuat hidup kita penuh beban dan enggak bebas. Karena kita melakukan sesuatu bukan karena kita mau, tapi karena pada enggak enak hati. Coba deh latihan bilang enggak. Jangan takut kehilangan teman atau dibilang sombong, belagu atau pun apa. Teman yang baik akan mengerti dan menghormati pendapat kita.

Untuk bisa bahagia kita perlu berada diantara orang-orang yang mendukung kita. Dukungan, kata-kata mereka bisa menyemangati saat kita lagi down. Mereka juga enggak mencela atau mentertawakan ide-ide kita, walau kedengarannya konyol. Jadi, penting banget untuk memilih teman yang punya jiwa positif dan selalu mendukung kita.

Hidup modern memang memberikan kita segala kemudahan dengan gadget. Tapi ini juga yang membuat kita lupa pada sekeliling. Kita lupa kalau sebagai manusia kita perlu menghirup udara segar, bermain dengan binatang dan berkomukasi secara tatap muka. Bahkan kalau bisa bersentuhan fisik, mulai dari salaman, pegangan tangan hingga berpelukan. Bukan lewat chat, bukan lewat SMS. Jadi sesekali bikin deh hari tanpa gadget. Coba jalan-jalan menikmati udara terbuka sama teman-teman kita. Pasti hidup kita akan lebih bahagia.

(muti, foto: goodreads.com)