Ciri-Ciri Sikap Rasis Yang Harus Kita Waspadai

By Marti, Sabtu, 23 Agustus 2014 | 16:00 WIB
Ciri-Ciri Sikap Rasis Yang Harus Kita Waspadai (Marti)

Ada beberapa ciri rasis yang harus kita waspadai. Ciri rasisme ini selain salah juga bisa memperburuk keadaan diri, sekitar dan orang lain. Sikap rasisme juga bisa memicu sikap haters atau perilaku bully kepada korban. Supaya kita bisa lebih aware atau tahu lebih dalam soal sikap ini, kenali yuk ciri-ciri sikap rasis yang harus kita waspadai.

Kita melihat teman sekolah kita yang berbeda suku dan bikin lelucon soal ini, apapun bentuk lelucon yang sifatnya menyerang termasuk perilaku bully. Dan kalau menyinggung hal sensitif kayak agama, jenis kelamin, suku, warna kulit dan lainnya, artinya perilaku rasisme. Saat kita bikin lelucon dan bangga atau malah melakukan pembelaan diri dengan merasa enggak ada yang salah bukan sesuatu yang positif girls. Coba posisikan diri kita pada teman kita, apa yang kita rasakan saat itu?

Baca juga: Cari Tahu Apakah Kita Tergolong Cewek Rasis Dengan Mengenali Tanda-Tanda Rasisme

Ingatkan, waktu Zayn Malik dibully karena muslim via Twitter sama penggemar One Direction? Nah, sikap atau perilaku rasis bisa terjadi sama siapa saja. Baik dia terkenal ataupun enggak, suku dan agama apapun. Sikap rasisme bisa memberatkan korban dan memicu masalah kejiwaan kayak anxiety, depresi, body dysmorphia dan lain-lain.

Tiap kali seseorang dibully karena masalah ini, korban akan merasa kesulitan menanganinya soalnya orang lain disekitarnya bisa saja ikut melakukan bully. Saat hal ini terjadi, semua komentar dan kritik bisa menyakiti perasaan orang lain.

Baca juga: Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Terjadi Perilaku Rasisme

Bhineka Tunggal Ika, kebayang dong hebatnya negeri kita yang kaya sama budaya dan suku bangsa. Coba renungkan deh, apa perlu kita melakukan tindakan rasis kayak gini hanya karena merasa berbeda. Enggak ada lho istilah apapun yang menyinggung SARA dengan negatif kelihatan keren atau baik. Kita hentikan sikap rasis dan hidup berdampingan dengan penuh hormat yuk!

(stefanie, foto: giphy.com)