Hasil Penelitian Seputar Efek Negatif Selfie

By , Rabu, 20 Agustus 2014 | 16:00 WIB
Hasil Penelitian Seputar Efek Negatif Selfie (cewekbanget)

Tren selfie atau foto diri belum juga reda. Fenomena ini membuat banyak orang terobsesi untuk berlomba-lomba membuat selfie terbaik. Tapi tahu enggak apa sih, efek negatif selfie? Ini dia beberapa hasil penelitian seputar efek negatif selfie.

(Baca Juga: Selfie Bisa Membuat Cepat Pikun)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Time, orang yang terobsesi dengan selfie secara psikologi diklaim mengalami gangguan mental. Sebab, hobi memotret diri sendiri merupakan refleksi sikap yang merasa diri cantik dan sempurna dibandingkan orang lain. Selain itu, selfie juga bukti rasa percaya diri yang rendah.

Mungkin hasil selfie membuat penampilan kita tampak lebih cantik dan menarik. Tapi, bagaimana dengan realitanya? Apakah kita secantik seperti di foto?  Inilah yang akhirnya menimbulkan pertanyaan dari lingkungan sekitar mengenai diri kita. Enggak jarang, dalam sejumlah kasus, beberapa orang malah berakhir menjadi bahan olok-olok di media sosial.

(Baca Juga: Sexy Selfie Menurut Penelitian, Bisa Merusak Pikiran)

Melihat selfie teman yang cantik, secara enggak sadar, kita jadi membandingkan diri dengan orang lain. Akhirnya, hal yang demikian pun jadi mempengaruhi kepercayaan diri kita.

Selain masyarakat pada umumnya, sejumlah selebriti dunia juga kegandrungan dengan selfie.Nah, melihat para selebriti rupawan tersebut berpose begitu menawan, bisa menciptakan standarisasi kecantikan di luar jangkauan.

Akhirnya, tren ini pun menciptakan krisis identitas pada sebagian cewek terutama remaja. Enggak sedikit juga yang melakukan langkah ekstrim seperti diet berlebihan dan operasi plastik.

(Baca Juga: Cara Menghindari Negative Self Images)

Penelitian yang dipublikasikan pada Psychology Today mengatakan orang yang gemarselfie, umumnya haus perhatian dan menginginkan atensi lebih dari lingkungannya.

Hasil penelitian di Inggris melaporkan bahwa banyak pertemanan dan hubungan rusak karena salah satu pihak gemar selfie. Sebab, banyak orang mengaku muak melihat orang yang sering berpose selfie dan mengunggahnya ke media sosial. (Sumber: AllWomensTalk)

(Baca juga: Sexy Selfie Rentan Jadi Incaran Pedofilia)

(silvita/female.kompas.com, foto: giphy.com)