9 Manfaat Tomat yang Bisa Kita Nikmati (Bagian 2)

By , Selasa, 5 Agustus 2014 | 16:00 WIB
9 Manfaat Tomat yang Bisa Kita Nikmati (Bagian 2) (cewekbanget)

Tomat kaya akan vitamin A, C, K, B6, kalium, folat, thiamin, magnesium, dan fosfor, yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan. Sebagai pelengkap makanan, tomat bisa digunakan untuk sandwich, salad, saus, smoothies , dan sup. Dengan berbagai kandungan gizi tersebut, ada 9 manfaat tomat yang bisa kita nikmati:

Baca juga: 9 Manfaat Tomat yang Bisa Kita Nikmati (Bagian 1)

Agar tulang kuat, sangat tepat mengonsumsi tomat karena mengandung vitamin K dan kalsium. Manfaatnya untuk meningkatkan massa tulang, dan membantu melawan osteoporosis, penyakit serius yang dapat menyebabkan patah tulang, deformitas, dan cacat.

Adanya zat anti-inflamasi dalam tomat bisa menghilangkan sakit kronis. Sebuah penelitian menunjukkan minum segelas jus tomat setiap hari dapat menurunkan kadar TNF-alpha yang menyebabkan peradangan sebanyak 34 persen. Tomat baik untuk orang yang menderita masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung, osteoporosis, kanker, dan Alzheimer.

Baca juga: Cantik dengan si Buah Tomat

Tomat juga baik untuk rambut karena kandungan vitamin dan zat besi yang dapat memperkuat rambut dan menyeimbangkan tingkat pH rambut. Jika kita memiliki ketombe dan kulit kepala yang gatal, oleskan jus tomat segar pada rambut dan kulit kepala setelah keramas.

Lalu, bilas dengan air dingin atau suam-suam kuku selama 4 - 5 menit. Tapi, jangan gunakan tomat pada rambut kita terlalu sering karena keasamannya justru dapat mengeringkan rambut.

Jika kita ingin menurunkan berat badan, pastikan menyertakan tomat dalam diet sehari-hari karena tomat rendah lemak dan enggak mengandung kolesterol. Tomat mengandung banyak serat dan air, sehingga cepat kenyang saat dikonsumsi mentah. 

Baca juga: Tomat Rahasia Kulit Putih dan Cerah

(noverita/tabloidnova.com, foto: flickr.com)