Tips Menghindari Sikap Judgement Berlebih

By Marti, Rabu, 21 Mei 2014 | 16:00 WIB
Tips Menghindari Sikap Judgement Berlebih (Marti)

Kita dan sahabat kadang cepat sekali membuat pendapat atau judge seseorang sesuai pikiran. Apapun yang ada atau terjadi dengan seseorang, pasti langsung kita berikan label sesuai judgement kita. Misal dia bisa mendapatkan cowok keren, pasti karena suatu hal. Atau kita berpikir buruk saat teman kita mendapat nilai bagus, karena dia mencontek. Duh! Jauh-jauh deh pikiran negatif seperti ini. Ubah sikap dengan cara cerdik ini yuk!

Sebelum melakukan judgement terhadap orang lain, coba posisikan diri kita pada diri mereka. Dengan berkaca, kita akan mengetahui perasaannya saat kita judgement dengan pendapat buruk. Oleh karena itu, lebih baik hindari deh sikap berlebihan seperti ini.

Jujur deh, apa sih alasan kita judgement orang lain. Apa karena kita iri dan berubah menjadi haters? Meski kita enggak mengakui sikap ini, tapi perlakuan kita enggak baik. Judgement termasuk salah satu bentuk bullying psikologis yang bisa berdampak negatif buat orang lain.

Daripada mengeluarkan pendapat enggak baik, lebih baik selidiki dulu dibalik masalah yang lagi kita omongin. Kalau memang kita mendapat jawaban pasti, kita enggak akan membuat judgement merugikan seperti ini.

Kita terlalu penasaran dan pengin tahu soal orang lain. Sayangnya sikap ini malah memicu gosip yang ujungnya menjadi judgement. Meski kita gatal kepengin membicarakan orang lain, lebih baik hindari kalau teman-teman kita melakukannya. Dengan menghindari bergosip, enggak akan terpicu membuat pendapat aneh soal orang lain.

(stefanie, foto: livestrong.com)