Manfaat Susu Almond Bagi Tubuh

By , Selasa, 20 Mei 2014 | 16:00 WIB
Manfaat Susu Almond Bagi Tubuh (cewekbanget)

Pernah dengar susu almond? Ternyata ada banyak manfaat pada susu almond bagi tubuh, lho!

Susu almond merupakan alternatif nabati untuk susu tradisional (susu sapi). Proses pembuatan susu almond sebenarnya enggak susah. Kacang almond cukup dipanggang, ditumbuk, dicampur dengan air, dan kemudian disaring untuk memisahkan sari dari ampasnya.

Selain vitamin dan mineral alami yang memang sudah ada pada almond, ada beberapa mineral dan vitamin lain yang ditambahkan ke dalam produk susu ini untuk menambah kualitasnya. Biasanya, produsen enggak lagi menambahkan warna dan rasa buatan ke dalamnya.

Secangkir susu almond tanpa gula mengandung sekitar 30 kalori, 2,5 gram lemak (lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung sehat tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda), serta 160 mg sodium.

Namun, protein yang terkandung di dalamnya sangat sedikit (kecuali jika produk tersebut memang diperkaya oleh protein tambahan), hanya sekitar 1 gram bila dibandingkan dengan susu sapi yang jumlahnya mencapai 8 gram per cangkir. Tapi jangan khawatir, selama kita mendapatkan protein dari sumber lain, kebutuhan protein harian kita pasti tetap bisa terpenuhi.

Susu almond bisa kita jadikan alternatif jika mengalami intoleransi, alergi susu sapi, atau memiliki respon kebal terhadap protein makanan tertentu (susu sapi).

Meski dinamakan "susu", susu almond tidak mengandung susu, laktosa, kedelai, telur, kolesterol, gluten, MSG, atau kasein atau whey (yang biasanya terdapat pada protein susu). Untuk lebih amannya, periksa label kemasan pada produk sebelum membeli, dan pastikan susu tidak diproses dengan bahan yang tidak sesuai bagi tubuh.

Jadi, jika ditanya apa manfaat susu almond bagi tubuh , jawabannya adalah minuman rendah kalori dan padat nutrisi  yang baik bagi kesehatan jantung! (sumber: Fitday)

(ester/tabloidnova.com, foto: wishfulchef.com