Apa Benar Kafein Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan?

By Marti, Jumat, 16 Mei 2014 | 16:00 WIB
Apa Benar Kafein Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan? (Marti)

Kafein adalah kandungan yang enggak baik buat tubuh. Memang ada kala, tubuh kita butuh asupan kafein saat kita butuh bantuan supaya enggak mengantuk. Tapi bukan berarti konsumsi kafein terlalu sering. Mitos yang beredar mengatakan kalau kafein bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan. Apa benar?

Kafein adalah kandungan alami yang yang terdapat beberapa makanan dan minuman bahkan obat-obatan. Menurut ilmuwan, kafein enggak berbahaya selama kita enggak berlebihan saat mengkonsumsinya. Ketika kita minum kafein, fungsi otak kita menjadi aktif dan secara perlahan energi kita bertambah. Kita bisa menemukan kandungan ini di kopi, teh, soda, minuman energi dan coklat.

Kafein selain bisa menambahkan energi pada tubuh juga bisa berfungsi sebagai alarm palsu supaya kita merasa semangat. Kafein juga dipercaya bisa membuat mood menjadi lebih baik, makanya banyak orang yang suka mengkonsumsi kafein saat bad mood. Sayangnya, kafein punya kekurangan yang enggak baik buat tubuh. Kandungan ini bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya seperti stroke dan kanker. Tapi dibalik bahaya kafein, ternyata kandungan ini terbukti mengurangi resiko depresi, dan stimulasi untuk penderita ADD dan ADHD.

Akademi Pediatris Amerika, merekomendasikan remaja di bawah usia 20 tahun sebaiknya mengkonsumsi kafein enggak lebih dari 100mg perhari. Kalau kita mengkonsumsi melebihi batas jumlah tersebut, bisa menyebabkan masalah pada tulang kita. Kafein bisa membuat tubuh kita cepat dehidrasi. Termasuk gangguan lain buat fungsi kesehatan seperti asam lambung. Untungnya, kafein belum terbukti ilmiah bisa menghambat pertumbuhan tulang. Tapi tetap disarankan untuk enggak mengkonsumsi terlalu banyak untuk menghindari resiko kesehatan lain.

(stefanie, foto: foreveryoungadult.com)