Kenali Sahabat Yang Berbohong dan Menutupi Diri

By Marti, Senin, 12 Mei 2014 | 16:00 WIB
Kenali Sahabat Yang Berbohong dan Menutupi Diri (Marti)

Sahabat adalah seseorang yang terbaik di dunia. Tiap sahabat punya karakter masing-masing yang kadang menyenangkan tapi kadang enggak menyenangkan. Tapi, bagaimana cara mengetahui kalau sahabat kita berbohong atau menyembunyikan sesuatu?

Salah satu ciri sahabat yang gemar berbohong adalah seseorang yang enggak berhenti membicarakan sesuatu. Biasanya mereka berbicara non stop saat makan siang atau pas hangout. Memang ada kala ceritanya benar, tapi terkadang supaya orang lain mendengarnya, dia berbohong atau menambahkan cerita. Kalau menurut kita ceritanya mulai aneh atau dia terlihat enggak mau kalah. Misalnya, kita menceritakan kalau kakak kita suka menari balet, kemudian dia buru-buru bilang kalau sepupunya penari balet terkenal. Saat mulai terdengar aneh, kita bisa mengalihkan pembicaraan.

Saat sedang makeup buat siap-siap hangout keluar dengan sahabat tiba-tiba sahabat kita chat kalau enggak bisa datang. Biasanya kita merasa enggak masalah kalau dia membatalkan pergi secara mendadak, tapi ini adalah ketiga kalinya dia melakukan hal ini. Coba cari tahu alasan sebenarnya kenapa dia enggak bisa datang. Kalau dia memberikan alasan enggak jelas, tanyakan besok saat bertemu di sekolah. Tanyakan baik-baik kepadanya, apa yang sedang terjadi.

Biasanya sahabat kita terlihat ceria dan selalu menceritakan banyak hal kepada kita. Tapi, beberapa waktu ini dia berubah menjadi pendiam dan enggak semangat. Setiap ditanya, selalu menghindar. Menangani sahabat yang tiba-tiba diam atau enggak semangat, butuh waktu dan perhatian khusus. Yang dikhawatirkan kalau dia terjebak masalah besar. Tunjukan kalau kita sahabat yang baik dan menerima dia apa adanya. Supaya enggak perlu berbohong untuk menutupi keadaan sebenarnya.

(stefanie, foto: more4kids.info)