Belajar Di Luar Negeri Gratis: Misi Kebudayaan atau Olahraga

By , Kamis, 24 April 2014 | 16:00 WIB
Belajar Di Luar Negeri Gratis: Misi Kebudayaan atau Olahraga (cewekbanget)

Enggak usah kecewa karena enggak bisa meneruskan kuliah di luar negeri. Soalnya dengan jadi mahasiswa di Indonesia pun, masih banyak cara buat menimba ilmu di luar negeri. Kita bisa lakukan dengan melakukan misi kebudayaan atau olahraga.

 

Mungkin prestasi akademis kita enggak terlalu bagus, tapi jangan khawatir. Asah saja bakat dan minat kita di bidang olahraga atau seni, khususnya yang berhubungan dengan budaya Indonesia. Soalnya cara lain buat menimba ilmu di luar negeri adalah dengan ikut misi kebudayaan atau olahraga ke sebuah negara sebagai perwakilan kampus.

Tentunya, kita harus gabung dulu dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), sejenis ekskul di kampus. UKM yang sering melakukan kegiatan seperti ini biasanya yang berhubungan dengan seni tradisional Indonesia seperti tarian atau alat musik tradisional.

Tapi enggak tertutup kemungkinan UKM paduan suara atau olahraga seperti futsal juga mengikutinya. Asal berprestasi, kita bisa dikirim ikut misi kebudayaan atau kompetisi ke universitas lain di luar negeri selama beberapa minggu atau bulan.

Belajar di luar negeri dengan gratis juga bisa juga dengan beberapa cara ini, langsung klik aja untuk baca:

(aisha, foto: trumbull.kent.edu)