Kenapa Kita Harus Kuliah? (Bagian 1)

By , Selasa, 22 April 2014 | 16:00 WIB
Kenapa Kita Harus Kuliah? (Bagian 1) (cewekbanget)

Setelah lulus SMA tujuan berikutnya adalah kuliah. Namun ada beberapa orang yang menganggap belajar sampai SMA itu cukup. Sebenarnya, penting, lho, bagi kita melanjutkan studi hingga perguruan tinggi. Kenapa sih kita harus kuliah?

 

Ilmu yang didapat kita sejak SD sampai SMA memang bisa jadi modal untuk kita mencari pekerjaan. Apalagi sekarang sudah begitu banyak kursus-kursus singkat yang menyasar langsung pada satu bidang dan biasanya kita disalurkan ke tempat khusus yang sudah siap menerima kita untuk bekerja.

Kondisi ini membuat orang jadi berpikir hanya dengan ilmu di SMA saja cukup dan enggan melanjutkan hingga perguruan tinggi. Tingginya angka pengangguran lulusan perguruan tinggi juga makin membuat kita bertanya-tanya. Sepadan enggak, sih, tenaga dan uang yang dihabiskan di bangku kuliah?

 Jawabannya: sepadan banget. Belajar hingga perguruan tinggi memberikan banyak manfaat. Ini bukan hanya sebatas gelar, lho. Ada manfaat lain dari kuliah yang bisa kita jadikan modal untuk masa depan.

 

Tanya deh sama yang sudah lulus kuliah. Apa hal paling menyenangkan sekaligus menyebalkan? Pasti jawabannya bikin tugas akhir. Sebagai mahasiswa, sepanjang masa kuliah kita akan dibombardir dengan tugas-tugas makalah. Untuk bikin satu makalah kita harus banyak membaca dan melakukan riset.

Tanpa kita sadari, ini melatih kita di dunia kerja juga. Kelak kita akan terbiasa membuat laporan kerja, membaca dengan cepat sekaligus menganalisa dokumen penting. Ini satu hal penting yang membedakan lulusan SMA dengan lulusan perguruan tinggi.

Lanjut baca dengan klik di sini.

(muti, foto: chacha.com)