Mengapa Tubuh Lebih Gemuk Jelang Haid?

By , Rabu, 26 Maret 2014 | 16:00 WIB
Mengapa Tubuh Lebih Gemuk Jelang Haid? (cewekbanget)

Memasuki masa PMS (pre menstruations syndrome) memang membuat suasana hati naik-turun dan merasa lebih gemuk dari biasanya.

"Pasalnya, pada masa tersebut berbagai gejala yang ditandai perubahan fisik maupun emosi berkumpul. Keluhan seperti kram perut, kepala berkunang-kunang, wajah pucat, lemas, serta emosi tak stabil, umum terjadi," ujar dokter spesialis Dr.dr Inge Permadhi, MS, SpGK.

Perubahan hormonal tersebut pun tak jarang membuat cewek merasa lebih gemuk dan mendapati berat badannya tiba-tiba naik. Pada beberapa cewek, hal ini bahkan menyebabkan dirinya merasa tak percaya diri di depan cermin dan merasa tak pantas mengenakan pakaian apapun yang ia miliki. Apakah ini sugesti semata atau kenaikan berat badan benar terjadi?

Ternyata, menjelang masa haid wanita memang lumrah mengalami kenaikan berat badan. "Pasalnya, perubahan hormonal yang terjadi pada wanita menyebabkan mereka mengikat dan menyimpan air dalam tubuh selama menstruasi," ujarnya.

Sebuah jurnal kesehatan pun mengungkapkan bahwa hormon estrogen yang banyak diproduksi menjelang haid memang bersifat mengikat lemak dan air di dalam tubuh. Maka, tak heran beberapa wanita merasa tak percaya diri dan lebih sensitif menjelang siklus haid tiba.

(annelis brilian/tabloidnova.com, foto: huffingtonpost.com)