3 Tips Mengurangi Efek Buruk Makanan Gorengan

By , Rabu, 26 Maret 2014 | 16:00 WIB
3 Tips Mengurangi Efek Buruk Makanan Gorengan (cewekbanget)

Agar makanan gorengan tidak melulu memberikan efek buruk untuk kesehatan, ini yang perlu kita lakukan

Dengan memasak sendiri di rumah, kita bisa mengontrol bahan baku makanan. Misalnya, tidak menggunakan lagi minyak yang sudah menghitam dan kotor karena sisa-sisa masakan sebelumnya. Kita juga tidak akan menggunakan minyak bekas menggoreng ikan untuk menggoreng makanan lain sehingga aromanya menjadi amis. Selain itu, kita juga bisa memilih sendiri bahan baku yang masih segar dan lebih berkualitas.

Makin banyaknya mall yang dibuka membuat kita semakin akrab dengan makanan gorengan , seperti nugget, kentang goreng, ayam goreng, atau sosis. Pada dasarnya, bahan apa saja memang bisa digoreng. Tetapi, hindari jenis makanan yang kurang sehat. Pilih sayuran renyah yang bisa digoreng tepung, seperti buncis, asparagus, atau brokoli dan kembang kol. Lalu, buat tepung pelapis yang tidak terlalu kental.

Apa pun yang berlebihan memang hasilnya tidak baik. Makanan gorengan bisa dihidangkan sebagai selingan saja. Bagaimana pun juga, deep-frying  bukan teknik memasak yang baik dilakukan secara rutin. Memasak dengan cara merebus, mengukus, atau memanggang dalam oven memang butuh waktu lebih lama, tapi ingatlah bahwa semua ini kita lakukan demi tubuh Anda.

(dini/tabloidnova.com, foto: tribunnews.com)