Apa Itu Transgender?

By Marti, Kamis, 20 Maret 2014 | 16:00 WIB
Apa Itu Transgender? (Marti)

Istilah transgender pasti pernah kita dengar atau kita temukan di berbagai media. Kita juga mungkin pernah melihat sosok cowok atau cewek yang enggak sesuai perilaku atau penampilannya dengan jenis kelaminnya sendiri. Hmm, apakah itu yang disebut sebagai transgender?

Transgender adalah istilah yang dipakai buat orang yang cara berperilaku atau berpenampilan berbeda atau tidak sesuai dengan jenis kelaminnya. Misal, cewek yang terlihat seperti cowok atau sebaliknya, cowok yang terlihat cantik seperti cewek. Walau ia merasa atau terlihat berbeda, kita enggak bisa langsung mengatakan kalau orang itu adalah seorang penyuka sesama jenis.

Transgender bisa disebabkan beberapa hal. Pertama, transgender bisa ada karena lingkungan sosial tempat ia tinggal membentuk hal itu. Kedua, karena enggak ada pendidikan moral yang baik saat ia kecil terutama dari keluarga.

Transgender berbeda dengan transeksual. Transeksual adalah orang yang secara biologis merasa identitas gendernya berbeda dengan jenis kelaminnya. Biasanya, mereka merasa kalau diri mereka terjebak dalam tubuh atau fisik yang salah. Misal, cowok yang merasa kalau ia sebetulnya adalah seorang cewek yang terperangkap dalam fisik laki-laki. Makanya, cowok transeksual punya kecenderungan untuk menyukai sesama jenis daripada seorang transgender.

(nana, foto: ctvnews.ca)