Tetap Ingat Hal-Hal Ini Walau Jadi Korban Bully

By Marti, Kamis, 20 Maret 2014 | 16:00 WIB
Tetap Ingat Hal-Hal Ini Walau Jadi Korban Bully (Marti)

Girls, jadi korban bullying emang enggak enak dan pasti bikin kita down banget. Walau menjadi korban bullying, ada hal-hal yang harus selalu kita ingat, lho. Hal-hal ini harus jadi pedoman supaya kita enggak terjerumus menjadi depresi.

Enggak perlu masukkin ke hati kata-kata orang yang mem-bully kita. Mungkin hal ini terdengar gampang diucapkan tapi sangat sulit dilakukan. Cuma yang perlu diingat, apa pun yang dikatakan orang lain tentang diri kita, kita enggak perlu malu apalagi menyalahkan diri sendiri dengan kondisi yang kita alami. Jadi, mulai belajar yuk buat selalu menghargai diri kita!

Berhubungan dengan poin sebelumnya, kita juga harus selalu ingat bahwa masih banyak sisi positif dari diri kita. Terlepas dari segala yang dikatakan pem-bully, kita masih punya banyak hal spesial yang perlu digali. Makanya, jangan sampai hal-hal yang dilakukan pem-bully jadi batu penghalang buat mengejar mimpi, girls.

Rasa kecewa dan sedih harus bisa kita salurkan ke hal-hal positif. Kalau terus menerus sedih, hal itu malah bikin kita tambah depresi. Mulai belajar untuk menghadapi stress, yuk! Salurkan amarah, kesedihan, kekecewaan, dan sebagainya melalui berbagai hal seperti meditasi, curhat, melakukan hobi, bibliotherapy, dan sebagainya.

Saat menerima perlakuan bullying, kita enggak perlu takut atau malu untuk mencari bantuan. Laporkan tindak bullying kepada orang-orang yang lebih dewasa misal orang tua atau keluarga, guru, kepala sekolah, dan sebagainya.

(nana, foto: beyondbullyingmi.org)