Musik Bikin Belajar Lebih Mantap!

By Marti, Minggu, 9 Maret 2014 | 16:00 WIB
Musik Bikin Belajar Lebih Mantap! (Marti)

Girls, suka dengerin musik? Hmm... Tapi, gimana ya kalau dengerin musik sambil belajar? Bikin kita makin fokus atau malah jadi nyanyi-nyanyi terus? Hi-hi. Nah, berdasarkan sebuah penelitian psikologi di Inggris oleh Dr. Emma Gray, musik ternyata dapat membantu kita dalam belajar, lho. Wuihhh... Kok, bisa ya?

Otak akan lebih rileks dan tenang pas kita mendengarkan musik. Makanya, kalau belajar sambil mendengarkan musik, otak akan lebih mudah buat bekerja ekstra saat itu seperti menghafal, menghitung, dan sebagainya.

Dengerin musik saat belajar dapat meningkatkan konsentrasi dan daya fokus kita, lho. Kita jadi enggak gampang terganggu dengan hal-hal sekitar seperti browsing, update social media, dan sebagainya. Kalau kita tipe orang yang mudah terdistraksi saat belajar, coba dengerin musik, yuk! Siapa tahu kinerja belajar lebih mantap. He-he.

Saat dengerin lagu, tubuh kita akan mengikuti ritme musik tertentu. Tubuh bisa bergerak karena irama musik dapat masuk ke otak dengan lebih mudah. Jadi, kalau saat kita belajar sambil dengerin musik, materi-materi yang dihafalkan akan lebih masuk. Makanya, kita butuh musik yang tepat buat menemani saat belajar. Soal genre-genre musik yang tepat buat belajar, udah dibahas lengkap di kaWanku edisi 172. He-he.

Selain membantu kita belajar, musik ternyata juga bagus buat kesehatan kita. Seperti apa, ya? Bisa kita cek di sini.

(nana, foto: huffingtonpost.com)