Apa Kata Mulut Tentang Kesehatan Kita?

By , Senin, 27 Januari 2014 | 16:00 WIB
Apa Kata Mulut Tentang Kesehatan Kita? (cewekbanget)

Girls, ternyata berbagai penyakit bisa diketahui dari tanda yang terjadi pada mulut kita, lho. Stres, diabetes, sampai penyakit hati bisa kita ketahui dari mulut. Kalau beberapa tanda ini kita alami, sebaiknya kita lebih berhati-hati dan kalau perlu konsultasi sama dokter. Yuk, kita lihat tanda apa saja yang bisa kita waspadai.

Gusi berdarah yang menginfeksi 80 persen dari gusi kita bisa membahayakan kesehatan gigi dan bisa mengakibatkan terlepasnya gigi dari gusi. Menurut Dr Nigel Carter dari British Dental Health Foundation, riset menunjukkan infeksi gusi juga menandakan penyakit jantung. Selain menandakan penyakit jantung, penyakit gusi juga bisa menandakan adanya penyakit diabetes.

Kalau sudut pada mulut kita merah, itu tandanya kita kekurangan vitamin B6. Selain itu, tanda tadi dan lidah yang bengkak juga pucat menandakan kita terkena anemia. Anemia sendiri disebabkan kondisi di mana kita kekurangan sel darah merah. Kita bisa mengatasinya dengan minum suplemen atau makan makanan yang mengandung zat besi.

Bau mulut bisa diakibatkan sama makanan yang kita makan, rokok ataupun dehidrasi. Tapi, kalau kita enggak merasa bau mulut karena ketiga hal tadi, kemungkinan kita terkena penyakit gusi. Selain penyakit gusi, bau mulut juga bisa diakibatkan sama infeksi pada tenggorokan, hidung ataupun hati.

Kadang kita mengalami yang namanya sariawan waktu tubuh kekurangan vitamin C ataupun mengalami panas dalam. Sariawan juga bisa terjadi karena kita enggak sengaja menggigit bagian dalam pipi. Nah, kalau kita mengalami sariawan yang cukup parah, hal ini bisa saja menandakan gejala awal kanker mulut.

(lana, foto: emedoutlet.com)