Segera Usir Pikiran Negatif!

By , Sabtu, 9 November 2013 | 16:00 WIB
Segera Usir Pikiran Negatif! (cewekbanget)

Kalau dibiarkan, pikiran negatif yang menempel di kepala kita bisa bikin masa depan kita suram. Duh!

Menurut psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana K. Hadiwidjojo, Psi., masa remaja adalah masa di mana kita sangat memerhatikan dan memikirkan diri sendiri. Khususnya soal penampilan fisik, bakat dan prestasi di bidang akademis atau bidang lainnya. Karena itu pada masa ini

Terbentukanya pikiran atau self-image negatif ini enggak lepas dari pengaruh lingkungan. Jika berlangsung lama dan berulang-ulang ditambah lagi enggak mendapat dukungan positif dari teman atau keluarga, kita pun akan menganggapnya benar.

Pikiran atau self-image negatif ini bisa berakibat buruk kalau dibawa hingga dewasa. Soalnya akan menutupi potensi yang sebenarnya kita miliki, sehingga kita enggak bisa melihatnya. Ini membuat kita jadi remaja yang low achiever, yaitu remaja yang pencapaiannya enggak sesuai dengan kemampuan sebenarnya yang dia miliki. Jika sudah begitu, masa depan kita bisa jadi suram. Duh, lawan yuk!

Buat daftar kelebihan atau hal positif yang kita miliki. Usahakan menemukan hal positif baru setiap harinya. Tulis dan pajang di dinding kamar atau tempat yang mudah terlihat. Misalnya,

 

Saat pikiran negatif menyerang, alihkan dengan mengucapkan kalimat positif tentang diri kita. Atau lakukan setiap malam sebelum tidur. Misalnya Ucapkan dengan tegas dan berulang-ulang hingga menempel di otak. Terus jangan menelan bulat-bulat omongan negatif tentang kita. Cek kembali kenyataannya dan coba perbaiki.

Saat merasa down, jangan menderita sendiri. Apalagi kalau berlangsung lama. Coba bicara pada orang tua, guru atau teman. , karena mereka bisa mengingatkan hal-hal positif yang kita memiliki sehingga merasa lebih baik.

(aisha, foto: sidereel.com)