Nikmatnya Sauna

By , Selasa, 1 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Nikmatnya Sauna (cewekbanget)

Suka heran kenapa seleb-seleb Kpop suka berjam-jam di sauna? Karena sauna punya banyak manfaat,lho. Cobain yuk!

Sauna adalah cara terbaik untuk mengurangi stress. Suasana sauna yang tenang membuat kita riles dan bisa berpikir jernih. Kondisi sauna yang hangat membuat perasaan jadi nyaman.

Uap sauna yang panas membuka pori-pori seluruh tubuh dan membuat kita berkeringat. Keringat ini adalah salah satu cara mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Sauna juga meningkatkan aliran darah sehingga zat-zat vitamin terdistribusi dengan baik pada kulit kita.

Sauna meningkatkan kadar panas tubuh dan begitu kita keluar dari sauna ini memberikan sinyal kantuk pada tubuh. Tidur pun jadi lebih nyenyak. Enggak jarang beberapa orang juga suka ketiduran di sauna. Tapi hati-hati ya, jangan kelamaan tidurnya. Karena bisa berbahaya.

Penelitian yang dilakukan oleh North America Sauna Society mengatakan bahwa orang Finlandia dan German yang memiliki tradisi sauna ternyata jarang terkena demam dan flu. Orang yang sering bersauna paling enggak 30% terhindari dari penyakit ini.

Salah satu alasan kenapa banyak orang-orang tua senang sauna, karena sauna bisa mengurangi nyeri otot. Penderita nyeri otot, rematik juga disarankan sering sauna. Panas dari sauna mendorong tubuh untuk mengeluarkan endorphins yang bisa mengerangi rasa nyeri sekaligus membuat riles tubuh.

(muti, foto: saphiresa.com)