5 Tips Menghemat Uang Jajan

By , Sabtu, 28 September 2013 | 16:00 WIB
5 Tips Menghemat Uang Jajan (cewekbanget)

Ada satu barang yang pengin banget kita beli pakai uang sendiri, tapi kenapa susah banget buat nabung, ya? Mungkin kita terlalu sering lapar mata dan membeli barang-barang yang enggak diperlukan. Kadang kita juga susah buat menolak ajakan teman buat main bareng, padahal kantong kita semakin menipis. Kalau kita pintar mengaturnya, kita enggak bakal susah lagi buat menabung dan membeli barang yang kita idam-idamkan itu.

Baik uang jajan bulanan, mingguan ataupun harian, usahakan buat memisahkan 30 persen uang jajan kita di tempat lain. Misalnya, bawa dua dompet buat kedua uang itu. Kalaupun enggak, simpan uang di rumah dan enggak usah kita bawa.

Berhemat pasti lebih asyik dilakukan bareng-bareng. Soalnya, kita jadi punya alarm buat mengingatkan penghematan kita. Ajak teman yang suka main bareng sama kita, jadi kita bisa lebih mudah menghindari yang namanya terlalu sering main bareng. He-he-he.

Punya kebiasaan membeli sesuatu yang bikin menyesal karena sebenarnya enggak kita perlukan? Buat daftar barang atau makanan yang enggak boleh kita beli selama penghematan dan pasang di tempat yang memungkinkan kita buat sering-sering melihatnya. 

Kalau kemauan dan niat kita kuat, penghematan kita pasti berjalan lancar. Selalu ingatkan diri kita sendiri soal penghematan ini. Kalau perlu, cetak barang yang kita mau itu dan tempel di sisi tempat tidur buat penyemangat, girls.

Jajan di luar memang lebih boros daripada bawa bekal, tapi kita boleh melakukannya selama penghematan, kok. Pilih satu hari buat enggak bawa bekal dan jajan makanan favorit kita di kantin. Selebihnya kita bisa membawa bekal makanan, camilan dan minuman dari rumah. Lebih sehat dan hemat, kan?

(lana, foto: thisismoney.co.uk)