Stop Menunda Pekerjaan!

By , Kamis, 1 Agustus 2013 | 16:00 WIB
Stop Menunda Pekerjaan! (cewekbanget)

Salah satu kebiasaan buruk yang merugikan diri sendiri adalah menunda-nunda pekerjaan atau procrastinating. Akibatnya begitu waktunya sudah mepet baru deh kita kerjain. Alhasil pekerjaan yang kita buat jadi asal-asalan dan enggak maksimal. Ayo hapus kebiasaan buruk ini.

Ketika kita mau buat PR atau melakukan satu pekerjaan, singkirkan segala hal yang bisa mengganggu konsentrasi. Paling sering sih kita keganggu sama HP, jadi matikan dulu gadget yang satu itu. Kadang TV dan internet juga jadi pengganggu yang enggak kita sadari. Sebaiknya kita bikin PR dengan mematikan TV dan internet.

Jadwalkan kita mau membuat PR atau membereskan kamar jam berapa. Pasang alarm pengingatnya. Bisa juga minta bantuan teman atau saudara kita sebagai alarm 'tambahan.' Minta mereka ikut mengingatkan kita pada jam yang sudah ditentukan.

Tentukan apa yang mau kita kerjakan hari ini. Misalnya hari Senin harus menyelesaikan dua PR dan menyetrika baju. Hari selasa harus membereskan kamar dan mengambil kue pesanan Mama.  Lebih baik kita bikin target berdasarkan hari, minggu, dan bulan. Jadi kita bisa melihat sejauh mana tugas dan kerjaan yang berhasil kita kerjakan.

Ketika kita bikin target dan tercapai kita bisa menghadiahkan diri sendiri. Misalnya kalau semua target satu minggu tercapai kita akan makan satu burger. Kalau tercapai satu bulan, mau manicure dan pedicure di salon. Jadi tambah semangat dan enggak lagi menunda-nunda pekerjaan deh.

(muti, foto: gogirlfinance.com)