Bekal Atau Jajan, Pilih Mana?

By , Senin, 17 Juni 2013 | 16:00 WIB
Bekal Atau Jajan, Pilih Mana? (cewekbanget)

Membeli makanan di luar atau jajan camilan memang lebih praktis. Tapi, bagaimana dengan nutrisi dan kebersihan yang terkandung di dalamnya, ya?

Sebagian besar remaja akan memerlukan sedikitnya untuk memelihara fungsi tubuh. Kalori bisa kita dapat dari makanan yang mengandung karbohidrat. Semakin kompleks dan semakin berserat makanan yang mengandung karbohidrat ini, semakin kita enggak mudah lapar tapi punya energi untuk beraktivitas. Dengan membawa bekal , atau , kita bisa mendapatkan asupan kalori yang cukup. Misalnya, 100 gram nasi mengandung energi sebesar kalori. Sementara dalam 100 gram roti gandum mengandung energi yang mencapai kalori.

Kalori bisa kita dapatkan dari jajanan karena sama mengandung karbohidrat. Tapi selain kebersihan, penggunaan minyak, dan bahan pengawet, umumnya jajanan . Misalnya gorengan yang mengandung 56% lemak dan 40% karbohidrat dalam satu porsinya.

Pakar nutrisi menganjurkan agar kita mengonsumsi sayur dan buah . Dengan membawa bekal buah dan sayur kita bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Makanan olahan sayur buah yang dibeli di pinggir jalan, bisa saja menggunakan penyedap, pewarna dan pemanis buatan yang akan berdampak pada kesehatan tubuh nantinya. Belum lagi kebersihannya yang enggak terjaga. Mengonsumsi buah yang mengandung pewarna tidak alami bisa , lho!

Makanan tinggi protein dan serat dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Jadi kita enggak pengin terus-terusan ngemil. Seseorang yang berat badannya 50 kg, perlu asupan protein sebanyak 40 gram perhari. Membawa bekal seperti bisa memenuhi kebutuhan protein harian kita. Satu ons daging atau ikan mengandung kurang lebih 7 gram protein.

Mengandalkan makanan olahan daging di jalan untuk kesehatan kita kayaknya sulit, deh. Soalnya makanan olahan daging yang dijual di pinggir jalan umumnya mengandung banyak lemak, jeroan, dan diproses dengan minyak yang berulang kali dipakai, garam dan gula berlebih. Yang . Hii!

Kita memang bisa mengganti dari mana mendapatkan asupan gizi yang kita butuhkan. Sayangnya, pilihan yang enggak cermat justru bisa membahayakan kesehatan kita. Mengingat semua yang baik itu dimulai di rumah, membawa bekal pastinya jadi pilihan yang lebih sehat, girls!

(atifa/astri, foto: tupperware)