Tips Membuat Header Blog

By , Senin, 29 April 2013 | 16:00 WIB
Tips Membuat Header Blog (cewekbanget)

Ada yang masih bingung header itu apa? Coba, deh, lihat di bagian paling atas di halaman blog kita, yang selalu tampil setiap kita berpindah halaman atau menu, itulah yang dinamakan header. Karena selalu tampil di depan, makanya salah satu cara bikin blog kita jadi lebih menarik adalah dengan memasang header yang keren. Begini, nih, caranya...

 

o   Kita bisa membuat header sendiri dengan menggunakan software Adobe Photoshop. Caranya, buat dokumen baru yang ada di menu lalu pilih . Isi kolom width, height, dan resolution, dengan angka sesuai ukuran panjang dan lebar header dari template blog yang kita pilih.

o   Setelah muncul file sesuai ukuran yang kita inginkan, isi dengan foto, gambar, atau teks, yang akan menjadi header kita, kayak header punya Onyit ini, nih.

o   Urusan desain header udah beres, sekarang tinggal kita upload header buatan kita di blog. Log in dulu ke blog kita (di sini Onyit pakai template di www.blogspot.com), lalu di bagian, pilih menu Layout.

o   Kalau udah masuk ke menu , klik tulisan edit yang dilingkari tanda merah seperti di gambar. Setelah itu langsung muncul window baru bernama Configure Header, pilih image header yang sudah kita buat.

o   Jangan lupa klik , untuk menyimpan image header pilihan kita. Tadaa.. Jadi, deh, header keren buatan kita.

Header dari template desain blog enggak semuanya berukuran sama. Saat memilih template desain blog, coba di preview dulu, terus tekan tombol PrtSc SysRq di keyboard komputer. Pilih di Adobe Photoshop, tekan OK aja, enggak usah ganti ukuran file, lalu tekan Control+V, hasil preview dari blog kita akan terlihat di situ.

Setelah itu, gunakan untuk memotong preview blog kita itu sesuai ukuran header. Lalu lihat di menu , pilih , lihat angka di kolom , nah, itulah jumlah panjang dan lebar ukuran header yang kita pilih. Tinggal bikin lagi dengan ukuran header itu, terus masukkan foto atau gambar yang mau kita bikin jadi header. Gampang, kan?

Kita juga bisa menambahkan widget di blog kita. Klik di sini untuk tips-nya.

(muti/isma, foto: viewadsnmakemoney.webs.com)