Tradisi Makanan Korea

By , Jumat, 5 April 2013 | 16:00 WIB
Tradisi Makanan Korea (cewekbanget)

Buat pecinta daging dan makanan yang serba pedas, masakan Korea boleh masuk daftar masakan favorit kita. 

 

Dalam setiap jamuan makan Korea, sebelum menu utama kita akan disuguhkan banchan atau side dish yang biasanya ditaruh dalam piring atau mangkuk kecil. Salah satu banchan yang terkenal adalah kimchi. Selain nasi (bap), makanan pokok Korea adalah bubur (juk) dan mie (guksu). Beberapa menu dengan nasi yang terkenal misalnya bibimbap (nasi campur dengan sayuran dan daging di atasnya) dan kimchi bokkeumbap (nasi goreng dengan kimchi).

Masakan Korea sangat didominasi oleh daging. Bahkan dalam sup (guk) pun selain terdiri atas sayuran dan tofu selalu ditambahkan daging (sapi atau ayam). Kadang divariasikan juga dengan seafood dan ikan. Beberapa sup yang terkenal adalah kimchi jjigae dan beoseot jeongol. Untuk lauknya, daging sapi, ayam dan babi  menghiasi meja makan orang Korea. Menu daging yang terkenal antara lain: bulgogi (daging sapi panggang) dan galbi (daging iga panggang)

Kalau enggak mau makanan berat, kita bisa menikmati berbagai cemilan Korea yang rasanya manis, pedas dan gurih. Yang paling terkenal adalah kue beras (tteok), gimbap (sejenis sushi) dan pajeon (pancake khas Korea). Kue beras pun terdiri atas berbagai jenis seperti Sirutteok (rice cake rebus), baekseolgi (rice cake salju) dan hwajeon (rice cake bunga). Duh, jadi laper ya!

(muti, foto: koreanbapsang.com)