4 Rahasia Di Balik Kata 'Salah'

By , Selasa, 19 Maret 2013 | 16:00 WIB
4 Rahasia Di Balik Kata 'Salah' (cewekbanget)

"Anyone who has never made a mistake has never tried anything new." (Albert Einstein)

Benar banget apa yang diucapkan oleh ilmuwan jenius ini. Sekali-kali dalam hidup kita harus berbuat kesalahan. Jangan takut salah dan diketawain sama orang lain. Karena banyak manfaat yang bisa dipetik dari kesalahan yang kita buat. Ini dia diantaranya...

Kita bisa belajar dari kesalahan. Sebenarnya ini nasihat yang udah kuno. Tapi benar, kok. kalau sepanjang hidup kita enggak pernah salah, gimana kita tahu satu hal itu salah atau benar?

 

Pernah melakukan kesalahan terus ditertawakan teman-teman? Misalnya, saat pakai baju terbalik, atau kirim SMS curhat ke teman, eh, malah terkirim ke gebetan? Kalau kita mengalami kesalahan-kesalahan kecil seperti itu, cara terbaik menghadapinya, ya, ikut tertawa aja. Jangan malah sedih atau bete.

 

Konsekuensi saat membuat kesalahan adalah dapat dihukum, dimarahin, atau dikritik. Saat melaluinya, sih, pasti enggak enak. Tapi, tanpa sadar hal-hal seperti ini membuat kita makin kuat. Mental kuat tentunya bikin kita jadi lebih optimis dan enggak mudah menyerah. Saat menghadapi situasi yang sulit, kita juga jadi lebih tenang dan bisa berpikir matang.

Mau bikin kue untuk pesta tahun baru, tapi karena enggak ada yang membantu atau mengajari kita jadi takut gagal dan rasanya enggak enak. Pikiran- pikiran negatif seperti itu harus dihindari. Coba aja dulu. Kalau salah bisa diulangi lagi, kan. Dari kesalahan yang dibuat, kita bisa menemukan hal baru. Banyak penemuan di dunia ini lahir karena kesalahan.

(muti, foto: net)