Kenapa Sih, Kita Merasa Jealous?

By , Kamis, 21 Juni 2012 | 16:00 WIB
Kenapa Sih, Kita Merasa Jealous? (cewekbanget)

Cemburu bisa terjadi enggak hanya sama pacar aja lho. Terkadang sama sahabat sendiri juga perasaan itu kerap muncul ketika dia punya kesibukan sendiri, seolah-olah dia melupakan keberadaan kita. Kadang sama dik atau kakak karena dapat lebih banyak perhatian dari ortu. Malah kadang sama orang yang enggak kita kenal karena dia bisa ketemu seleb idola kita. Jadi seperti apa sih makhluk  bernama cemburu itu?

Menurut seorang ahli, rasa cemburu muncul karena tiga faktor, yaitu perbandingan, kompetisi, dan ketakutan akan tergantikan. Namun, perasaan itu merupakan hal yang biasa dalam sebuah hubungan ketika kita merasa bahwa diri kita digantikan. Perasaan sedih, marah, dan merasa dikhiantai pun muncul. Tapi terkadang kita tidak mau mengakuinya, karena kita merasa bahwa rasa cemburu terlalu gengsi untuk dibahas.

Hal ini berkaitan juga dengan sebuah penelitian dari Universitas Haifa, Israel membuktikan bahwa hormon oksitoksin yang menyebabkan rasa ingin berdekatan dan bersentuhan, yang dikenal juga dengan hormon cinta, juga bisa memicu rasa cemburu. Hal ini juga membuktikan bahwa batas benci dan cinta itu sangat tipis.

Jadi bagaimana mengatasi rasa cemburu ini? Cemburu bisa dianggap juga sebagai ketidakdewasaan kita, dimana kita tidak bisa terima bahwa seseorang terdekat kita seakan-akan menjauh, padahal kita tidak tahu apa penyebabnya. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah bicarakan dengan pacar atau sahabat kita tentang apa yang kita rasakan. Usaha ini bisa membuat hubungan kalian menjadi lebih dekat, karena sama-sama saling mengetahui apa yang sedang terjadi dengan hubungan kalian.

Hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa cemburu adalah jadilah diri sendiri dan gali bakat unik kita. Dengan demikian, pacar atau sahabat yang lagi sibuk dengan kegiatan atan teman-teman barunya akan merasa rugi jika meninggalkan orang unik seperti kita.

Jika masih dilanda rasa cemburu, coba alihkan pikiran tersebut ke kegiatan yang menyibukan, sehingga rasa itu hilang sedikit demi sedikit. Pada akhirnya, ketika ada waktu bersama dengan pacar atau sahabat, ada sesuatu yang asyik untuk dibicarakan, yaitu kegiatan baru yang kita lakukan.

Jadi, jangan selalu jadikan cemburu sebagai perasaan takut kehilangan yah. Dibalik semua itu, ada segi positifnya kok.

(sharifa)