Langkah Mudah Perangi Flu

By , Senin, 11 Juli 2011 | 16:00 WIB
Langkah Mudah Perangi Flu (cewekbanget)

Musuh utama kita sebagai cewek yang aktif adalah penyakit. Nah, biasanya penyakit yang sering menyerang itu adalah flu. Mau tau trik yang mudah dan jitu supaya terbebas dari flu?

Mulai merasakan gejala-gejala flu? Jangan sampai jadi malas dan malah tidur-tiduran. Ternyata flu bisa dicegah, justru dengan menyibukkan diri, seperti hasil penelitian Prof. Jim Home dari Universitas Loughborough, Inggris.

Sesibuk apapun kita atau setelat apapun kita bangun, jangan pernah sekalipun melewatkan sarapan. Enggak ada lagi alasan 'enggak biasa sarapan', karena sarapan bisa menghindari tubuh kita dari serbuan virus-virus penyakit. Segelas susu, muffin, atau jus buah segar juga sudah cukup, kok.

Penelitian mengatakan bahwa seseorang yang melakukan aktivitas fisik ringan enggak mudah terkena infeksi pernapasan atas, dibandingkan dengan mereka yang enggak banyak bergerak. Olahraga ringan mampu memperkuat fungsi kekebalan tubuh karena produksi sel darah putih meningkat. Jogging sore keliling kompleks atau naik-turun tangga boleh dicoba.

Ternyata, di dalam minuman asli Negeri Matahari Terbit ini, ditemukan suatu senyawa kimia yang dapat menghentikan aktivitas replikasi atau penggandaan virus. Kalau makan di café, jangan lupa untuk pesan green tea! Tapi yang hangat yah, kalau blended atau pakai es sih, sama saja.

Pas cuaca lagi enggak oke atau pas malam hari, selalu bawa jaket atau minimal syal supaya kita enggak kedinginan. Bisa juga dengan mengkonsumsi makanan atau minuman hangat seperti bakso atau bandrek.

Ini dia kunci utamanya! Idealnya, setiap hari kita menghabiskan waktu selama delapan jam buat tidur. Menurut riset, kekurangan istirahat akan memerosotkan sistem kekebalan tubuh sampai 50 persen. Enggak mau kan, batal ikut jalan sama teman karena sakit dan jadi 'tahanan rumah'?

(averina)