Eits, Dicopot Dulu

By , Jumat, 17 Juni 2011 | 16:00 WIB
Eits, Dicopot Dulu (cewekbanget)

Buat kita para pengguna lensa kontak, pas beli, pasti penjual ataupun dokter mata mewanti-wanti untuk jangan pernah memakai lensa kontak saat tidur. Tapi mungkin banyak dari kita yang enggak tahu apa sebabnya.

Beberapa jenis lensa kontak memang dirancang agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tapi tetap saja, lensa kontak yang kita pakai harus dibersihkan setiap malam sebelum tidur.

. Hiii, seram!

Lensa kontak juga dapat menghambat aliran oksigen ke kornea. Ketika oksigen diblokir, maka bentuk pembuluh darah akan berubah, dengan tujuan agar dapat membawa oksigen lebih banyak lagi. Akibat tidak normalnya bentuk pembuluh darah ini, maka penglihatan kita jadi terganggu. Gejala ini tentunya akan mengganggu penglihatan seseorang, mulai dari yang ringan, bahkan sampai yang fatal.

Oregon Health & Science University's Casey Eye Institute menjelaskan kalau semakin sering seseorang mengganti lensa kontak, maka hal tersebut akan membuat mata menjadi lebih sehat. Itulah mengapa lensa kontak yang sekali pakai langsung buang jauh lebih sehat, karena kita enggak perlu menempatkan lensa tersebut di suatu temat untuk dipakai kembali, sehingga mengurangi risiko kontaminasi dibandingkan dengan lensa kontak yang bisa dipakai berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu.

(averina)