5 Info Soal Hebohnya Topik Twitter ‘Rasa’ Facebook

By Natasha Erika, Jumat, 12 Februari 2016 | 03:01 WIB
Twitter 'rasa' Facebook. (Natasha Erika)

Belakangan ini ramai diberitakan bahwa Twitter bakal mengubah sistem penyajian tweet di linimasa yang mirip dengan Facebook. Topik tentang Twitter ‘rasa’ Facebook pun mulai ramai dibahas netizen di dunia maya.

Nah, belum lama ini Twitter meluncurkan fitur linimasa baru yang dinamai "show me the best Tweets first". Fitur tersebut kurang lebih memunculkan kicauan terpopuler, bukan terbaru, pada linimasa teratas saat kita membuka Twitter. Dengan menanamkan fitur baru ini,Twitter secara enggak langsung mengonfirmasi isu yang ramai beredar belakangan.

Hal tersebut disampaikan Twitter melalui blog resminya, sebagaimana dihimpun Nextren, Kamis (11/2/2016). Kicauan terpopuler, dalam arti paling banyak didiskusikan dan di-RT akan muncul paling atas, mengalahkan kicauan real-time.

Menurut Twitter, sistem tersebut diberlakukan karena terbukti meningkatkan hasrat pengguna berkicau dan melakukan re-tweet.

"Kami telah melihat bahwa pengguna yang menggunakan fitur baru ini cenderung melakukan re-tweet dan berkicau lebih banyak, membuat lebih banyak komentar dan percakapan, yang mana bagus untuk semua orang," begitu tertulis pada blog Twitter.

Meski begitu, Twitter enggak ingin langsung memaksakan pengguna. Untuk sementara, fitur linimasa Twitter yang serupa Facebook tersedia secara opsional alias kita bisa mengaktifkannya atau menonaktifkannya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna Android cukup menekan menu tiga titik yang terpatri di sisi kanan atas layar aplikasi Twitter. Lalu pilih "Settings". Di dalamnya, pilih "Timeline" lalu centang kotak bertuliskan "show me the best Tweets first"

Bagi pengguna Twitter iOS, tekan ikon roda gigi pada profil dan pilih "Settings". Di bawah pilihan "Timeline", tekan "Timeline personalization". Lalu centang "show me the best Tweets first".

Baca lebih lanjut di laman selanjutnya, ya…