5 Alasan Kenapa Bentuk Payudara Kita Berubah Sesuai Kondisi Tubuh

By Astri Soeparyono, Rabu, 17 Februari 2016 | 04:53 WIB
5 alasan kenapa payudara kita berubah sesuai kondisi tubuh. (foto: polyvore.com) (Astri Soeparyono)

Di masa pertumbuhan, wajar payudara kita terlihat semakin berubah. Minimal, semakin membesar. Tapi, setelah payudara selesai tumbuh ternyata ia masih bisa berubah sesuai keadaan tubuh kita lho, girls. Ini dia 5 alasan kenapa payudara kita berubah sesuai kondisi tubuh.

(Baca juga: 6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara)

Membesar

Kalau payudara membesar, biasanya terjadi karena penambahan berat badan. Ini karena payudara sebagian besar terbentuk dari sel lemak. Pembesaran payudara juga bisa disebabkan karena kehamilan, pil KB, atau perubahan hormonal terkait dengan siklus menstruasi. Makanya setiap menjelang menstruasi, payudara terasa lebih kencang dan besar, kan?

Menciut

Ukuran payudara juga bisa menciut, mungkin karena berat badan kita turun atau kadar estrogen berkurang (akibat pil atau menjelang menopause pada cewek dewasa). Payudara menciut bisa jadi gejala yang enggak normal jika disertai dengan rambut rontok, jerawat, dan tumbuh rambut di muka. Pertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter, untuk mencari tahu apakah kita mengalami sindrom polisistik ovarium. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak mengonsumsi kopi.

(Baca juga: 8 Alasan Payudara Kita Terasa Sakit)