Begini Cara Menentukan Pemenang Oscar 2016

By Astri Soeparyono, Senin, 29 Februari 2016 | 05:01 WIB
Begini cara menentukan pemenang Oscar 2016. (Astri Soeparyono)

Sistem penjurian yang dilakukan di ajang penghargaan prestisius di bidang perfilman Hollywood, Acdemy Award atau lebih dikenal Oscar ternyata melibatkan banyak orang. Dengan juri yang jumlahnya ribuan orang, mereka berkumpul dalam ruang tertutup dan mendiskusikan siapa pemenang pilihan mereka. Tapi cara menentukan pemenang Oscar 2016, enggak sesederhana itu.

(Baca juga: Ini Isi Goody Bag Oscar 2016 yang Bernilai Lebih Dari 2 Miliar Rupiah!)

Untuk memperoleh nama yang dibacakan pada Minggu (28/2) waktu setempat atau hari ini, ribuan juri yang terlibat memilih pemenang dengan menyetorkan pilihannya dalam sebuah amplop tertutup. Tapi hingga amplop Oscar dibuka, hanya ada dua orang yang mengetahui siapa nama pemenangnya dari jauh-jauh hari.

Kedua orang tersebut, adalah akuntan dari firma PricewaterhouseCoopers, yang menjadi rekanan penyelenggara, yaitu Academy of Motion Picture Arts and Sciences, mereka menghitung suara untuk penyelenggaraan Academy Awards selama 82 tahun terakhir.

Pada tahun ini, dua nama orang yang mengetahui rahasia pemenang Piala Oscar jauh-jauh hari adalah Martha Ruiz and Brian Cullinan.

Seperti dilansir dari ABC News, Jumat (27/2) lalu keduanya membongkar rahasia bagimana cara menentukan pemenang Oscar selama ini. Mau tahu?

(Baca juga: 10 Film Terbaik Sepanjang Masa Menurut Para Sutradara Terkenal Dunia)