Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2016

By Astri Soeparyono, Senin, 29 Februari 2016 | 08:41 WIB
Spotlight. (Astri Soeparyono)

Ajang penghargaan bergengsi dunia perfilman hollywood, Academy Awards ke-88 telah berlangsung di Dolby Theater, Hollywood, California, Amerika Serikat pada Minggu (28/2) waktu setempat atau Senin (29/2) waktu Indonesia dengan semarak. Berikut adalah daftar lengkap pemenang Oscar 2016.

(Baca juga: 5 Pelajaran Penting yang Bisa Diambil dari Film The Revenant)

Spotlight memenangkan film terbaik ajang Oscar 2016. Mengalahkan para pesaingnya, yaitu The Big Short, Bridge of Spies, Brooklyn, Mad Max: Fury Road, The Martian, The Revenant dan Room. Spotlight juga memenangkan kategori Best Original Screenplay.

Akhirnya Leo memenangkan penghargaan aktor terbaik Oscar 2016. Sudah banyak yang memprediksi kalau dia bakal sukses mengalahkan Michael Fassbender (Steve Jobs), Bryan Cranston (Trumbo), Matt Damon (The Martian), dan juga pemenang tahun lalu Eddie Redmayne (The Danish Girl).

Film The Revenant ini juga memenangkan kategori Best Cinematography. Sang sutradara, Alejandro González Iñárritu, memenangkan kategori Best Director.

Berperan dalam ruang sempit di film Room, Brie Larson sukses mengeksplorasi aktingnya. Dia pun unggul dari pada Cate Blanchett (Carol), Jennifer Lawrence (Joy), Charlotte Rampling (45 Years), dan juga Saoirse Ronan (Brooklyn).

Enggak bisa diragukan lagi, akting bapak satu ini menjanjikan di film Bridge of Spies, sangat memuaskan penontonnya. Wajar kalau ia bisa menyingkirkan Sylvester Stallone (Creed), Christian Bale (The Big Short), bahkan Tom Hardy, (The Revenant), dan Mark Ruffalo (Spotlight).

(Baca juga: 4 Adegan Menyentuh di Film Room)