7 Cara Memilih Musik Yang Pas Sebagai Pengiring Saat Belajar

By Ifnur Hikmah, Rabu, 2 Maret 2016 | 07:20 WIB
Foto: anjellholic.tumblr.com (Ifnur Hikmah)

Beberapa dari kita suka banget belajar sambil dengerin musik. Alasannya karena musik bisa bikin kita lebih semangat dalam belajar. Tapi, perlu diingat bahwa ada kalanya salah memilih musik malah bikin kita susah konsentrasi. Berikut 7 cara memilih muisk yang pas sebagai pengiring saat belajar.

(Baca juga: Tips Memilih Musik Untuk Membantu Belajar)

Salah satu genre musik yang paling banyak dipilih sebagai pengiring pada saat belajar adalah musik klasik dan instrumental. Musik klasik yang menenangkan bisa membuat kita merasa lebih rileks pada saat belajar. Selain itu, musik klasik juga bisa membuat kita lebih produktif. Begitu juga halnya dengan instrumental, memiliki efek menenangkan yang sama dengan musik klasik.

Selain musik klasik, suara alam yang menenangkan juga bisa kita coba sebagai pengiring pada saat belajar. Karena hal ini bisa membuat kita lebih mudah berkonsentrasi dan menjaga fokus tetap terjaga terhadap satu hal saja. Misalnya, suara hujan, aliran air sungai, desau angin, dan lainnya.

Penting untuk mengatur volume yang tepat ketika mendengarkan musik pada saat belajar. Atur volume dalam keadaan sedang, alias enggak terlalu pelan dan enggak terlalu keras. Semakin keras volume, kita akan semakin mudah terpengaruh dan membuyarkan konsentrasi.